Upaya Meningkatkan Servis Bawah Bolavoli Dengan Jarak Tetap Dan Bertahap Pendekatan TaRL SMK 5 Semarang

Authors

  • Andi Anggara Universitas PGRI Semarang
  • Suroto SMK N 5 Semarang
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

TaRL, Servis Bawah, Bolavoli

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan servis bawah bolavoli siswa dengan menggunakan jarak tetap dan jarak bertahap serta menggunakan pendekatan Teaching At The Right Level pembelajaran bolavoli kelas XI SMK N 5 Semarang. Latar belakang penelitian ini kesalahan servis permainan bolavoli sering terjadi terutama saat servis bawah yang dilaksanakan oleh siswa, dikarenakan faktor konsentrasi atau tidak tenang dalam permainan sehingga saat melakukan servis bawah bolavoli sering terjadi tidak melewati net, bisa dilihat ketika pembelajaran servis bawah bolavoli banyak siswa mengalami kesulitan melakukan servis bawah dalam permainan bolavoli menyebabkan siswa mudah bosan, selain itu faktor garis lapangan terlalu jauh dari net. Penelitian ini metode yang digunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian menggunakan siswa kelas XI-DPIB 1 SMK N 5 Semarang, tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan cara menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data penelitian menggunakan tes ketepatan servis AAHPER serving accuracy test. Kemampuan servis bawah permainan bolavoli siswa kelas XI-DPIB 1 SMK N 5 Semarang, Pra siklus dari 34 siswa tuntas 14(36%) siswa, Siklus 1 mengalami peningkatan hasil  tuntas 26(69%) siswa, dan siklus 2 sangat mengalami peningkatan secara keseluruhan yang mencapai ketuntasan sebanyak 31(83%) siswa.

Author Biography

Andi Anggara, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

References

Alwalid, A., Rumini, & Bisri, K. (2024). Upaya Meningkatan Servis Bawah Peserta Didik dengan Jarak Tetap dan Bertahap dengan Menggunakan Pendekatan Teaching At The Right Level pada materi bola voli kelas XI SMA N 7 Semarang. 58–63.

Amirrudhin, D. N., & Ratimiasih, Y. (2024). Pengaruh Latihan Target Untuk Meningkatkan Ketepatan Servis Bawah Bola Voli MTS Maslakul huda sluke. 04(02), 337–343.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Bumburo, B., Ita, S., Wanena, T., Wandik, Y., & Putra, M. F. P. (2023). Permainan bola voli: sebuah tinjauan konseptual. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 38. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16467

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Fatma, A., Leonardo, F., Perdiansyah, L., Fitra, R. A., Juita, A., Alkhotdri, R., & Riau, U. (2025). Penerapan pendekatan tarl untuk meningkatkan keaktifan belajar lompat jauh di smk negeri 5 pekanbaru. 12, 209–222.

Ginting, F. M., & Sari, D. M. (2022). Survei Tingkat Keterampilan Service Bawah Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(2), 127–136. https://doi.org/10.55081/jumper.v2i2.558

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Lestari, D. F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Tradisional bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 7–12. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33742

Masroni, A. H., & Hariyanto, E. (2021). Survei Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Ekstrakurikuler Bolavoli Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 3(5), 284–293. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p284-293

Murdiyanto, D., & Kaguruan, F. (2023). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 3(1), 1–11.

Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Raihanati, E., & Wahyudi, A. (2021). Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pra Junior Putri Di Kabupaten Kudus. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 222–229. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes

Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123.

Thedimus Bapor, & I Ketut Semarayasa. (2022). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.45385

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Anggara, A., Suroto, Maftukin Hudah, & Endang Wuryandini. (2025). Upaya Meningkatkan Servis Bawah Bolavoli Dengan Jarak Tetap Dan Bertahap Pendekatan TaRL SMK 5 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010146. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6938

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.