Penerapan PBL-Flipped Classroom Berbasis TaRL Berbantuan Google Sites terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Siswa

Authors

  • Kiki Novita Sari Universitas PGRI Semarang
  • Rizky Esti Utami
  • Ami Ariyani
  • Rasiman

Keywords:

PBL, Flipped Classroom, TaRL, Google Sites, Literasi Numerasi

Abstract

Rendahnya literasi numerasi memiliki dampak yang signifikan bagi siswa, diantaranya kemampuan dalam memahami informasi yang kompleks hingga membuat keputusan yang akurat. Pentingnya perbaikan kualitas pembelajaran guna meningkatan literasi numerasi siswa berkaitan erat dengan pemilihan model, pendekatan, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah guna menganalisis bagaimana penerapan model PBL-Flipped Classroom berbasis TaRL berbantuan Google Sites terhadap peningkatan literasi numerasi siswa kelas XI pada materi Regresi Linier. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dari Teacher Institute dengan tahapan Lesson Study yang terdiri dari plan-do-see. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI F SMA Negeri 11 Semarang dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, tes setiap siklus, dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini  menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam literasi numerasi siswa, pada pra siklus sebanyak 19% ketuntasan, menjadi 42% pada siklus 1, 75% pada siklus 2, dan mencapai 94% pada siklus 3. Selain itu, siswa menjadi lebih terampil dalam menggunakan teknologi seperti Google Sites yang membantu pemahaman mereka terhadap konsep-konsep matematika. Sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model PBL-Flipped Classroom berbasis TaRL berbantuan Google Sites dapat meningkatkan literasi numerasi siswa kelas XI pada materi Regresi Linier.

References

Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 231–243. https://doi.org/10.30653/003.202282.236

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130

Elfin Warnius Waruwu dan Dyulius Thomas Bilo. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar : Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 2(2), 254–268.

Eny Hartadiyati WH, Latifa Nur Anisa, D. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif Pada Kelas Indoor Dengan Menggunakan Discovery Learning. Prosiding Webinar Biofair, 138–154. https://conference.upgris.ac.id/index.php/biofair/article/download/4187/2853

Gronmo, L. S., Lindquist, M., Arora, A., & Mullis, I. V. (2015). TIMSS 2015 Mathematics Framework. https://timssandpirls.bc.edu/timss2015/

Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95

Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.55903/jitu.v1i1.76

Hernita, L. V., Istihapsari, V., Widayati, S., & Bantul, S. M. A. N. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI-2 SMA N 2 BANTUL DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING ( CRT ) BERBANTUAN GOOGLE SITES. 7(2), 424–430.

Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan , 17(1), 242–252. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Khamidah, N., & Azizah, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa melalui Penyelesaian Soal AKM di Kelas XI SMK Gondang Wonopringgo. … Matematika, 232–252. https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/view/763%0Ahttps://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/download/763/381

Khusna, S., Khasanah, I., Musa, M. M., & Rini, J. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar melalui Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Semai 2: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 22–34.

Kristira, G., Septiati, E., Isroqmi, A., Studi, P., & Matematika, P. (2024). Penerapan Flipped Classroom Berbantuan Google Sites pada Pembelajaran Matematika di SMP PGRI 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2018), 4610–4616.

MAGHFIROH, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Peluang Melalui Pendekatan Teaching At the Right Level. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.51878/secondary.v4i1.2798

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Nissa, K., & Putri, J. H. (2021). Peran Guru Dan Strategi Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 51. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.27984

Nisya, K., & Nindiasari, H. (2023). Penerapan Flipped Classroom Diintegrasikan Dengan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Sma. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 327–335. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.253

OECD. (2018). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). 5–24.

Safrudin, S., & Wijaya, E. (2024). Innovative Learning Strategies (Differentiated Learning Perspective on Merdeka Curriculum). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 10(1), 25. https://doi.org/10.58258/jime.v10i1.6467

Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457

Sulistyawati, A., Wardono, & Kartono. (2018). Pemanfaatan ICT Dalam Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 151–152.

Zubaidah, S. (2010). Lesson Study Sebagai Salah Satu Model Pengembangan Profesonalisme Guru. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 1–14.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Sari, K. N., Rizky Esti Utami, Ami Ariyani, & Rasiman. (2024). Penerapan PBL-Flipped Classroom Berbasis TaRL Berbantuan Google Sites terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Siswa . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 154–161. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5861

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>