19. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Benda Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD 1 Panjang Kudus

Authors

  • Ratna Sari Hariyanti Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang
  • Sri Utami SD 1 Panjang

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Media Benda Konkrit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media benda konkrit pada mata pelajaran matematika pada kelas I di SD 1 Panjang Kudus . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang berkolaboratif dengan guru pamong yang terdiri dari kegiatan Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan rumus ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil data awal menunjukkan bahwa hasil kemampuan belajar siswa tanpa penggunaan media mencapai (57%) masih di bawah KKM. Namun pada Siklus I kemampuan belajar siswa mencapai (69,5%), yang mana terdapat 7 siswa yang masih di bawah KKM. Akan tetapi, setelah diterapkan media benda konkrit kemampuan hasil belajar siswa mencapai (87%) ada 3 siswa yang di bawah KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas I di SD 1 Panjang Kudus

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hariyanti, R. S., Prasetyowati, D., & Utami, S. (2023). 19. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Benda Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD 1 Panjang Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 152–162. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3931

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)