19. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Benda Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD 1 Panjang Kudus
Keywords:
Pembelajaran Matematika, Media Benda KonkritAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media benda konkrit pada mata pelajaran matematika pada kelas I di SD 1 Panjang Kudus . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang berkolaboratif dengan guru pamong yang terdiri dari kegiatan Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan rumus ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil data awal menunjukkan bahwa hasil kemampuan belajar siswa tanpa penggunaan media mencapai (57%) masih di bawah KKM. Namun pada Siklus I kemampuan belajar siswa mencapai (69,5%), yang mana terdapat 7 siswa yang masih di bawah KKM. Akan tetapi, setelah diterapkan media benda konkrit kemampuan hasil belajar siswa mencapai (87%) ada 3 siswa yang di bawah KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas I di SD 1 Panjang Kudus