Implementasi Pembelajaran Inquiry Berbasis SWOT dalam Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK di SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Nurul Julinar Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi
  • Christiana Dwijantini

Keywords:

Analisis SWOT, Hasil belajar siswa, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran inquiry, Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode pembelajaran inquiry berbasis SWOT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di SMAN 9 Semarang. Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, masing-masing melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 34 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 86,53 pada siklus I menjadi 87,71 pada siklus II, serta total nilai siswa dari 2942 menjadi 2982. Selain itu, metode ini turut meningkatkan kepuasan siswa, pemahaman, kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas mereka dalam proses pembelajaran. Meskipun kendala seperti kebosanan dan kesulitan masih ditemukan, pendekatan ini terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis proyek. Kesimpulannya, penerapan metode inquiry berbasis SWOT memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran PJOK dan memberikan potensi untuk pengembangan lebih lanjut guna mengatasi kendala yang ada.

References

Ade Yuni Sahruni, CS, A., Syahruddin, Muh Syaiful Syam, Andi Baso Husain, & Muhammad Sadzali. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Penjas pada Ranah Psikomotorik Mata Pelajaran Penjas Materi Bulutangkis. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(1), 54–64. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.75919

Adhitya, S., Asim, W., & Widijoto, H. (2017). EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMPN 6 MALANG DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Vol. 1, Issue 1).

Andrini, V. S. (2016). Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN (Vol. 7, Issue 3). Online. www.iiste.org

Dalanon, J., Diano, L. M., Belarmino, M. P., Hayama, R., Miyagi, M., & Matsuka, Y. (2018). A PHILIPPINE RURAL SCHOOL’S ORGANIZATIONAL CLIMATE, TEACHERS’ PERFORMANCE, AND MANAGEMENT COMPETENCIES. International Journal of Research - GRANTHAALAYAH, 6(1), 248–265. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v6.i1.2018.1613

Hendra Setyawan, & Dimyati. (2015). MODEL PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS UNTUK MENGEMBANGKAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMA.

Juhrodin, Subekti, N., & Mulyadi, A. (2023). Model Pembelajaran Inquiri Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Kemandirian Belajar Pada Masa Covid-19. In Journal of Physical Education and Sport Pedagogy (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.upi.edu/index.php/JPESP/index

Julinar, N. (2024). Survey Ketahanan Psikologis, Tingkat Kesabaran dan Kebahagiaan Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 9 Semarang.

Novitra, F., Festiyed, Yohandri, & Asrizal. (2021). Development of Online-based Inquiry Learning Model to Improve 21st-Century Skills of Physics Students in Senior High School. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(9), 1–20. https://doi.org/10.29333/ejmste/11152

Nurlaela, N., Komariah, L., & Rahmat, A. (2024). Pengaruh Aktivitas Fisik, Kesehatan Gizi, dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Penjas. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(2), 794–804. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i2.9923

Nurwahid, H., Yohanes Sulla, F., & Barella, Y. (2024). INQUIRY LEARNING: PENGERTIAN, SINTAKS DAN CONTOH IMPLEMENTASI DI KELAS (Vol. 1, Issue 2).

Olahraga, J. P., Kesehatan, D., Jasmani, P., Kesehatan, O., Rekreasi, D., Keolahragaan, I., & Kesehatan, &. (n.d.). SURVEI MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PJOK DI SMAN 1 MENGANTI Ellahira Nadhika Fiesta*, Dwi Cahyo Kartiko. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Öztürk, B., Kaya, M., & Demir, M. (2022). Does inquiry-based learning model improve learningm outcomes? A second-order meta-analysis. Journal of Pedagogical Research, 6(4), 201–216. https://doi.org/10.33902/JPR.202217481

Sari, R. S., Ningsi, N., Nasarudin, N., & Hakim, A. R. (2023). Free Inquiry Learning Model with Experimental Methods on The Learning Outcomes of Class X Students of Senior High School on The Subject of Motion. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(2), 165–173. https://doi.org/10.15294/jpfi.v18i2.28083

Sasoko, D. M., & Mahrudi, I. (2023). TEKNIK ANALISIS SWOT DALAM SEBUAH PERENCANAAN KEGIATAN.

Suriono, Z., & Kunci, K. (n.d.). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 1, Issue 3).

http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Nurul Julinar, Bertika Kusuma Prastiwi, & Christiana Dwijantini. (2025). Implementasi Pembelajaran Inquiry Berbasis SWOT dalam Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK di SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010142. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6942

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.