325. Peningkatan Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang Melalui Media Taring Siswa Kelas 1 SDN Gaji 1

Authors

  • Intan Ria Fitrianingsih
  • Endang Wuryandini
  • Dewi Larasati

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, Geometri Bangun Ruang, Media Taring

Abstract

 

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri Gaji 1 pada materi geometri khususnya bangun ruang dengan bantuan media taring (tarik jaring-jaring). Subjek peneliti ini adalah 18 peserta didik kelas 1 SD Negeri  Gaji 1. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan  refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bantuan media taring hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada saat pra siklus ketuntasan klasikal peserta didik masih belum maksimal, hanya mencapai 33,33%, kemudian meningkat pada siklus I yaitu 66,66%, kembali meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Pengunaan media taring dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang pada peserta didik kelas 1 SD Negeri Gaji 1, media tersebut memberikan pengalaman visual yang menarik dan interaktif, sehingga membantu peserta didik memahami konsep bangun ruang terutama pada bentuk-bentuk bangun ruang dengan baik. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar pendidik mempertimbangkan penggunaan media taring sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam mengajar materi bangun ruang.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fitrianingsih, I. R. ., Wuryandini, E. ., & Larasati, D. . (2023). 325. Peningkatan Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang Melalui Media Taring Siswa Kelas 1 SDN Gaji 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2904–2913. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4233

Issue

Section

Prosiding 2023