325. Peningkatan Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang Melalui Media Taring Siswa Kelas 1 SDN Gaji 1
Keywords:
Peningkatan Hasil Belajar, Geometri Bangun Ruang, Media TaringAbstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri Gaji 1 pada materi geometri khususnya bangun ruang dengan bantuan media taring (tarik jaring-jaring). Subjek peneliti ini adalah 18 peserta didik kelas 1 SD Negeri Gaji 1. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bantuan media taring hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada saat pra siklus ketuntasan klasikal peserta didik masih belum maksimal, hanya mencapai 33,33%, kemudian meningkat pada siklus I yaitu 66,66%, kembali meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Pengunaan media taring dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang pada peserta didik kelas 1 SD Negeri Gaji 1, media tersebut memberikan pengalaman visual yang menarik dan interaktif, sehingga membantu peserta didik memahami konsep bangun ruang terutama pada bentuk-bentuk bangun ruang dengan baik. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar pendidik mempertimbangkan penggunaan media taring sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam mengajar materi bangun ruang.