Meningkatan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Melalui Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada Siswa Kelas X.2 SMA NEGERI 8 SEMARANG
Keywords:
bola voli, passing atas, Teaching at The Right Level (TaRL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing atas bola voli menggunakan Pendekatan TaRL Pada Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 8 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X.2. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar penilaian passing atas, lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing atas melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 8 Semarang selama 2 siklus dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan hasil belajar siswa dari 35 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mampu melakukan aspek penilain passing atas hanya 6 siswa, dan pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa, kemudian pada siklus II, meningkat menjadi 28 siswa yang mampu melakukan aspek penilain passing atas dengan benar. Sehingga ketuntasan dalam kelas tersebut sudah lebih dari 74% siswa yang tuntas belajar.
References
Agus. S. Suryobroto. 2004. Diktat Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Fakultas IlmuKeolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Ahmadi, N. (2007). Panduan olahraga bola voli / Nuril Ahmadi ; Editor: Didin.
Alfyanti, A., Siregar, F. H., Padang, I. N., Ginting, J. R., Melati, S. A., & Siregar, F. S. (2024). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bagi Anak Sekolah Dasar. JETBUS: Journal of Education Transportation and Business, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.57235/JETBUS.V1I1.2722
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 01. https://doi.org/10.24235/AL.IBTIDA.SNJ.V4I1.1276
Dwinata Nandaka, P., Sudiana, I. K., & Doddy tisna MS, G. (2022). Pengaruh Metode Latihan Bola Gantung Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Dan Ketepatan Smash Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Smpn 2 Purwoharjo. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 13(2), 67–73. https://doi.org/10.23887/JJPKO.V13I2.53791
Fernández-Rio, J. M., & Méndez-Giménez, A. (2015). El Aprendizaje Cooperativo: Modelo Pedagógico para Educación Física (Cooperative learning: Pedagogical Model for Physical Education). Retos, 29, 201–206. https://doi.org/10.47197/retos.v0i29.38721
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) di tengah pandemi corona virus disease (covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1-7.
Masroni, A. H., & Hariyanto, E. (2021). Survei Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Ekstrakurikuler Bolavoli Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 3(5), 284–293. https://doi.org/10.17977/UM062V3I52021P284-293
Petrik, I., Eremenko, A., Smirnova, N., & Rybalchenko, N. (2024). Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas V SDN Jangka Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(1). https://doi.org/10.20935/ACADNANO7380
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.460
Ramadhanti, R. L., Al-Bahij, A., & Mufidah, L. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Siswa di Sekolah MI Muhammadiyah Butuh Kalikajar.
Suseno, W., Muhtar, T., & Sudrazat, A. (2023). Pengaruh Bentuk Latihan Circuit Training Terhadap Ketepatan Shooting Pada Club Sepakbola Cirebon United Kota Cirebon. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(3), 828–839. https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8457
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Yang, J. (2006). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.