Implementasi Permainan Gobak Sodor Dapat Meningkatkan Kelincahan Siswa Kelas XI Farmasi 2 SMK Yayasan Pharmasi Semarang
Keywords:
Physical Education, Agility, Gobak Sodor, Traditional Games, Classroom Action Research, Shuttle RunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kelincahan siswa melalui implementasi permainan tradisional Gobak Sodor dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di kelas XI Farmasi 2 SMK Yayasan Pharmasi Semarang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat kelincahan siswa, khususnya di kalangan siswa perempuan yang mendominasi kelas tersebut. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Alat ukur yang digunakan adalah Shuttle Run Test untuk menilai kelincahan siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus ke siklus, di mana rata-rata kelincahan meningkat dari 53,75% pada pra-siklus menjadi 65% pada siklus I dan 78,12% pada siklus II. Implementasi Gobak Sodor terbukti efektif dalam menstimulasi aspek motorik siswa secara menyenangkan dan edukatif. Permainan ini tidak hanya meningkatkan kelincahan tetapi juga mendorong kerja sama, sportivitas, dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jasmani. Penelitian ini merekomendasikan integrasi permainan tradisional dalam kurikulum PJOK sebagai metode pembelajaran inovatif yang berbasis budaya lokal.
References
Astuti, W., Kurniawan, A., & Suryadi, R. (2021). Pengaruh permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(2), 134–142. https://doi.org/10.21831/jpji.v7i2.39200
Fauzi, R. A., & Rukmana, A. (2024). Pengaruh permainan tradisional Gobak Sodor terhadap peningkatan kelincahan siswa. Jurnal Porkes, 6(1), 33–45. https://e- journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/porkes/article/view/27294
Fauzi, R., & Rukmana, A. (2024). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kelincahan siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 15(1), 45–58. https://doi.org/10.21009/jpjo.2024.15.1.04
Fauziah, A., Syarif, A., & Santoso, R. (2025). Improving gross motor skills through traditional sports games Gobak Sodor in grade 3 students of SD N Kalijirek Kebumen. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan). https://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/1466
Gumantan, A., & Handoko, D. (2021). Penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran olahraga di SMA Negeri 1 Baradatu. Motion: Journal of Physical Education, 2(1), 34–
https://www.academia.edu/download/91104219/342.pdf
Gumantan, A., & Handoko, R. (2021). Latihan kelincahan dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 121–130. https://doi.org/10.21831/jk.v9i2.41598
Johnson, B. L., & Nelson, J. K. (1986). Practical measurement for evaluation in physical education. Macmillan Publishing Company.
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. (2023). Laporan nasional kebugaran jasmani pelajar 2023. Kemenpora.
Kurniawan, F., & Purnomo, A. M. I. (2025). Penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor siswa kelas IV di SDN Bawang 1. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dan Riset Inovasi, 2(1), 55–65. http://jerkin.org/index.php/jerkin/article/view/438
Makorohim, M. F., Yani, A., & Malau, P. H. (2024). Pengaruh permainan tradisional terhadap kelincahan siswa sekolah menengah pertama. Jambura Journal of Sport Coaching, 6(1), 12–22. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsc/article/download/22243/8057
Pradana, R. W. (2024). Optimalisasi kelincahan siswa sekolah dasar dengan permainan tradisional Gobak Sodor. Repository UNP Kediri. http://repository.unpkediri.ac.id/16559/
Putra, Y. R., Sari, L., & Herlambang, D. (2021). Dampak teknologi terhadap aktivitas fisik remaja. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 12(3), 210–220. https://doi.org/10.24036/jok.v12i3.4567
Rahman, A., & Yusuf, F. (2023). Pembelajaran pendidikan jasmani berbasis budaya lokal sebagai upaya pelestarian dan inovasi kurikulum. Jurnal Inovasi Kurikulum, 18(1), 55–68. https://doi.org/10.24114/jik.v18i1.57845
Sari, M. A., Ridwan, H., & Nurdiana, T. (2022). Gender dan partisipasi fisik dalam pembelajaran jasmani di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Jasmani, 14(2), 87–96. https://doi.org/10.26858/jpj.v14i2.37115
Suharjana, S. (2010). Tes dan pengukuran olahraga. UNY Press.
Susena, W. (2021). Ethnosport dan permainan tradisional dalam konteks pembelajaran jasmani. Jurnal Olahraga Tradisional, 7(1), 33–40. https://doi.org/10.24114/jot.v7i1.21377
Susena, Y. Y. B. (2021). Ethnosport permainan tradisional Gobak Sodor. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 110–117. http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/842/