Peningkatan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Menyamping Dengan Metode Cooperative Learning Melalui Permainan Modifikasi Dan Alat Modifikasi Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 37 Semarang
Keywords:
Tolak Peluru Gaya Menyamping, cooperative learning, Permainan Modifikasi, Alat Modifikasi, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 37 Semarang tahun pelajaran 2024/2025 dengan metode cooperative learning yang dipadukan dengan permainan dan alat modifikasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan tolak peluru siswa dari pra siklus ke siklus I dan II. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 53,35 pada pra siklus menjadi 75 pada siklus I dan 86,25 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan juga meningkat dari 48,48% menjadi 100% pada siklus II. Metode ini efektif dalam meningkatkan keterampilan tolak peluru.
References
Arya T, Candra, Candra, A. T., & Wawan Setiawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu Modifikasi Bola Kasti. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6, 25–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3661567
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. 4. http://repo.iain-
Imam Abdul Hafidz, Rolly Afrinaldi, & Muhammad Mury Syafei. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. 104–109. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO
Muhammad Abdurrochim, & Prafangasta Diantama. (2020). Pengaruh Latihan Medicine Ball Dan Latihan Pus Up Terhadap Hasil Tolak Peluru Pada Siswa SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020. CENDEKIA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN),4,94–105. https://www.cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/84
Rahmat, Z. (2015). Atletik Dasar & Lanjutan. Atletik Dasar & Lanjutan, 1–97. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/452/1/Atletik_Dasar_dan_Lanjutan.pdf