Penggunaan Media Interaktif Wordwall untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 pada Mata Pelajaran IPAS

Authors

  • Arzaqina Maulidya Sari Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah
  • Duwi Nuvitalia
  • Fitria Miftakhul Jannah

Keywords:

media interaktif, wordwall, Hasil Belajar., pembelajaran IPAS

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Pedurungan Kidul 01. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media interaktif Wordwall dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 29 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif Wordwall dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta memperbaiki hasil belajar peserta didik. Peningkatan terlihat dari hasil tes pada setiap siklus yang menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa. Selain itu, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan sangat baik. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan media interaktif Wordwall secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Media ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif sehingga mendorong motivasi serta partisipasi aktif siswa selama pembelajaran berlangsung.

References

Aidah, Nur, dan Nurafni. 2022. “ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN CIRACAS 05 PAGI.” PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN 11(2): 161–74.

Aliya, Nafisatul et al. 2024. “Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II-C SDN Margorejo VI.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9(2): 1094–1103.

Annisa, Oleh et al. 2023. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.” JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2(8): 953–68. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrobanni, Nadia, dan Yessi Fitriani. 2024. “Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbantuan Video Animasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Deskripsi Siswa di Kelas VII.2 SMP Negeri 10 Palembang.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 5(01): 539–56. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/6070.

Desy, Fitria, Dwi Kisardi, Putri, dan Ferina Agustini. 2024. “Implementasi Wordwall: Inovasi Menyenangkan untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 4(3): 5238–50. https://j-innovative.org/index.php/Innovative.

Eko, Sigit, M Purwanto, dan I Pd. PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Evandri. 2024. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.” Journal of Education and Culture (JEaC) 04(1): 2024.

Harahap, Olivia feby Mon, Matiur Napitupulu, dan Novita Sari Batubara. 2022. MEDIA PEMBELAJARAN: Teori dan Perspektif Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sumatera Barat: Azka Pustaka.

Idrus L. 2019. “EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN.” ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9(2): 920–35.

Indra Sukma, Khofifah, Trisni Handayani, dan Universitas Muhammadiyah Hamka. 2022. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(4): 1020–28. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2767.

Izzatuna Dauly, Najma, Meilan Tri Wuryani, Rachmat Imam Muslim, dan Dwi Cahaya Nurani. 2024. “Problematika Pembelajaran IPAS Kelas V SD N 1 Wonokerso.” Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan 11(1): 211–22. https://jisd.ejournal.unsri.ac.id/index.php/JISD/article/view/53.

Julhadi. 2021. Hasil Belajar Peserta Didik (Ditinjau dari Media Komputer dan Motivasi). 1 ed. Tasikmalaya: Deu Publisher.

Masrifah, Amilatul, Sa’idatum Munirah, Alivia Ratu Cahyani, dan Dini Hikmatul Fauziyah. 2023. Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Semarang: Cahaya Ghani Recovery.

Meysandi, Salsa Ivone et al. 2024. “Implementasi Wordwall: Inovasi Menyenangkan untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 5(3): 225–29. http://doi.org/10.21009/PIP.381.

Meysandi, Salsa Ivone, Erna Zumrotun, dan Aan Widiyono. 2024. “Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD.” Kappa Journal 8(2): 225–29.

Miflikha, Rovi Rohmawati, Marwan Pulungan, dan Anita Putri Oktariani. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Media Game Interaktif Wordwall Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4(5): 2541–48.

Nisa’, Ainun, dan Nur Azmi. 2024a. “PEMANFAATAN MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR.” 5(4): 262–68.

Novita Sari, Lia, Budiyono, dan Elviera Febriani. 2024a. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN GAME EDUKASI WORDWALL DI SD NEGERI LAWANGAN DAYA 2 PAMEKASAN.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(2): 3351–59.

Nurul Asfani Risal, Isra, Putriyani, dan Nadar. 2024a. “CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Wordwall pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Enrekang.” CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education 7(2): 564–76. https://e-journal.my.id/cjpe.

Parnawi, Afi. 2020. PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Classroom Action Research). 1 ed. Sleman: DeepublishPublisher. https://www.researchgate.net/publication/349492185.

Praditiya Purnama, Riche, Sumani, dan Didik Pranoto. 2023a. “PEMANFAATAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAHUNAN BARU.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(1): 1737–46.

Pranata, Eric, dan Muhamad Dody Firmansyah. 2023. “Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Keluarga Harmonis Dengan Menggunakan Model Pengembangan Four-D.” Jurnal Informasi dan Teknologi 5(3): 112–21.

Prawesti, Larasati Nur Indah et al. 2024. Media Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.

Purwanto, Eko Sigit. 2023. PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Putri, Fitria Desy Dwi Kisardi, dan Ferina Agustini. 2024. “Website: https://j-innovative.org/index.php/Innovative Implementasi Wordwall: Inovasi Menyenangkan untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4(3): 5238–50. https://j-innovative.org/index.php/Innovative.

Ricardo, dan Rini I Meilani. 2017a. “Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes).” 2(2): 188–201. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Ricardo, dan Rini Intansari Meilani. 2017b. “Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes).” 2(2): 188–201. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Rohmawati, Rovi, Marwan Pulungan, dan Anita Putri Oktariani. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Media Game Interaktif Wordwall Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4(5): 2541–48.

Sofiasyari, Irma, Ike Kurniawati, dan Mochamad Guntur. 2022a. “Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pengaruh Penggunaan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” JIPPSD: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6(2): 174–83. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/indexDOI:https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.

Solihin, Riza Ramadhani et al. 2024. “The Efforts of Indonesian Government In Increasing Teacher Quality Based On PISA Result In 2022: A Literature Review.” Perspektif Ilmu Pendidikan 38(1): 57–65.

Sudjana, Nana. 2019. Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegensindo.

Susanto, Teguh Trianung Djoko et al. 2024. “UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DITINJAU DARI HASIL PISA 2022: SEBUAH KAJIAN PUSTAKA.” PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan 38(1): 57–65. http://doi.org/10.21009/PIP.381.

Trianung, Teguh et al. 2024. “UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DITINJAU DARI HASIL PISA 2022: SEBUAH KAJIAN PUSTAKA.” PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan 38(1). http://doi.org/10.21009/PIP.381.

Waluyo Hadi, Yofita Sari, dan Nadra Maulida Pasha. 2024. “Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 14(2): 466–73.

Yanto, Doni Tri Putra. 2019. “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19(1): 75–82.

Zaenatun, Anisa et al. 2021. “Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pengaruh Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 5(2): 183–94. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd.

Zulfa Rohmawati í, Intan. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas 4 dengan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Wordwall di SDN 01 Nambangan Kidul.” Seminar Nasional Sosial Sains 3(3): 127–32. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA.

Zulfa Rohmawati í, Intan, Endang Sri Maruti, dan Melik Budiarti. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas 4 dengan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Wordwall di SDN 01 Nambangan Kidul.” SENASSDRA: Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora 3(3): 127–32. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Sari, A. M., Khusnul Fajriyah, Duwi Nuvitalia, & Fitria Miftakhul Jannah. (2025). Penggunaan Media Interaktif Wordwall untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 pada Mata Pelajaran IPAS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301071. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7202

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.