EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TERHADAP PERMAIAN SOFTBALL SISWA KELAS XI-4 SMA NEGERI 4 SEMARANG
pembelajaran berdiferensiasi yang diintegrasikan dengan metode bola kasti dalam meningkatkan pengetahuan siswa kelas XI-4 SMA Negeri 4 Semarang terhadap permainan softball.
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, berdiferiensasi, softball, hasil belajar, WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Terhadap Permaian Softball Siswa Kelas Xi-4, dengan pembelajaran berfokus pada peserta didik dan memperhatikan karakteristik serta kebutuhan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Semarang dengan jumlah 36 Responden. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dimana penelitin ini berfokus pada hasil akhir. Dalam penelitian dapat diketahui bahwasanya pada siklus I dan Siklus II masih dalam kategori kurang efektif dan dalam Siklus III sudah dikategorikan Cukup Efektif untuk di gunakan dalam pembelajaran. Dan dapat disimpulkan pembelajaran berdiferensiasi yang diintegrasikan dengan metode bola kasti dalam meningkatkan pengetahuan siswa kelas XI-4 SMA Negeri 4 Semarang terhadap permainan softball.berpengaruh dalam proses pembelajaran dalam menentukan hasil nilai akhir.
References
Hamdani, Annisa Dwi, Najwa Nurhafsah, and Shela Silvia. "Inovasi pendidikan karakter dalam menciptakan generasi emas 2045." JPG: Jurnal Pendidikan Guru 3.3 (2022): 170-178.
PERTIWI, Tri Sevtia, et al. Pelaksanaan permainan bola kasti dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sd/min kota bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2017, 1.1: 54-58.
Syahfitri. (2024). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 6. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 164–171.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
WULANDARI, Ade Sintia. Literature review: Pendekatan berdiferensiasi solusi pembelajaran dalam keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 2022, 12.3: 682-689
Yunarti, Y. (2017). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11, 262–278. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/374