Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Keterampilan Lempar Tangkap Bola Pada Permainan Softball Peserta Didik Kelas XI

Authors

  • Moh Solikhin Universitas PGRI Semarang
  • Theresia Cicik Shopia Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Galih Dwi Pradipta Universitas PGRI Semarang
  • Mujo SMA Negeri 11 Semarang

Keywords:

Keaktifan Belajar, Keterampilan Lempar Tangkap Bola, Softball, Modifikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan modifikasi bola dalam permainan softball terhadap keaktifan belajar dan keterampilan lempar tangkap bola siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan meliputi keaktifan belajar dan keterampilan psikomotor lempar tangkap bola. Hasil observasi dan tes pada siklus I menunjukkan keaktifan belajar dengan skor rata-rata 59,4 (kategori cukup), dan keterampilan lempar tangkap bola dengan skor rata-rata 78,4 (kategori tinggi). Pada siklus II, terjadi peningkatan keaktifan belajar dengan skor rata-rata 81,1 (kategori tinggi) serta peningkatan keterampilan lempar tangkap bola menjadi 81,7 (kategori tinggi). Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan modifikasi permainan bola softball dapat meningkatkan keaktifan belajar dan keterampilan lempar tangkap bola siswa. Dengan demikian, modifikasi permainan terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran pendidikan jasmani dalam meningkatkan aspek psikomotor dan partisipasi aktif siswa.

References

Anwar, K. (2019). Softball Training for Students and Physical Education Teachers in the Senior High School. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 15–19.

Fauzan, F., Sangka, K. B., & Noviani, L. (2024). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Journal on Education, 6(4), 21144–21152. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6265

Irwanto, E., Santoso, A. D., & Muslin. (2023). Buku Ajar Permainan Softball. K-Media.

Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947

Nurul Raodatun Hasanah, I Putu Panca Adi, & I Gede Suwiwa. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295

Parnawi, A. (2017). Psikologi Belajar (Revisi). Deepublish Publisher.

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.

Samsudin. (2019). Model Pembelajaran Atletik. Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.

Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyudi, M. A., Christina, S., & Hartati, Y. (2024). Pengaruh Modifikasi Permainan Softball dalam Peningkatan Keterampilan Gerak Motorik dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15136–15146.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Moh Solikhin, Theresia Cicik Shopia Budiman, Galih Dwi Pradipta, & Mujo. (2025). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Keterampilan Lempar Tangkap Bola Pada Permainan Softball Peserta Didik Kelas XI . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020236. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7246

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.