UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN TARL PADA SISWA KELAS XI ATR A SMK NEGERI 1 BAWEN

Authors

  • Ardiyan Setivany Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan
  • Bertika Kusuma Prastiwi
  • Gogot ardyasmoko

Keywords:

Passing Bawah, PTK, TaRL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas XI ATR A SMK Negeri 1 Bawen. Masalah yang diidentifikasi dalam proses pembelajaran sebelumnya adalah rendahnya penguasaan teknik dasar passing bawah serta kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus.

Pada kondisi awal (pra siklus), hanya 6 dari 29 siswa (20,69%) yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah pelaksanaan Siklus I dengan pendekatan TaRL, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 10 siswa (34,48%). Selanjutnya, pada Siklus II seluruh siswa (100%) berhasil mencapai nilai di atas KKM. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan penilaian keterampilan teknik passing bawah menggunakan instrumen observasi psikomotorik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan motivasi, pemahaman teknik, dan keterampilan passing bawah siswa. Pendekatan ini memungkinkan pembelajaran yang adaptif dan sesuai dengan kemampuan aktual siswa, sehingga menciptakan suasana belajar yang lebih optimal dan menyenangkan. Dengan demikian, pendekatan TaRL layak untuk diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya dalam pengembangan keterampilan dasar olahraga beregu seperti bola voli.

References

Abad, M. T., et al. (2016). Cognitive and Tactical Decision Making in Volleyball. Journal of Sports Sciences, 34(3), 123–130.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., & Sandford, R. (2009). The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review.Research Papers in Education, 24(1), 1–27.

Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). Mainstreaming an effective intervention: Evidence from randomized evaluations of Teaching at the Right Level.American Economic Journal: Applied Economics, 10(1), 1–23.

Chen, W., Hammond-Bennett, A., Hypnar, A., & Mason, S. (2020). Physical activity and academic achievement in elementary school: Data from a randomized controlled trial. Journal of School Health, 90(3), 177–185.

Dyson, B. (2014). Quality physical education: Guidelines for policy makers.UNESCO Publishing.

Ennis, C. D. (2017). Meaningful Physical Education: Curriculum and Instructional Models for School Programs. Human Kinetics.

Garcia-Gil, M., Garcia, J. A., & Hernandez, M. (2018). Accuracy of forearm pass in youth volleyball: The impact of arm swing and body alignment.International Journal of Sports Science & Coaching, 13(4), 529–537.

Hadiawati, L., Nuraini, T., & Rahman, A. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 15(2), 65–74.

Krause, J. V. (2015). Coaching Volleyball Successfully (3rd ed.). Human Kinetics.

Lakhsman, R. (2019). Teaching at the Right Level: A transformative pedagogy for equity and inclusion. In Hadiawati et al. (2024), Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 15(2).

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratham & J-PAL. (2021).Teaching at the Right Level: Evidence and Implementation. [https://www.teachingattherightlevel.org/](https://www.teachingattherightlev el.org/

)

Roberts, S., & Fairclough, S. (2019). The role of physical education in the development of active lifestyles.European Physical Education Review, 25(4), 1082–1101.

Santrock, J. W. (2021).Life-Span Development(18th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Sheppard, J. M., & Gabbett, T. (2008). Approaches to the development of strength and speedspecific movement.Strength and Conditioning Journal, 30(1), 26–30.

Slavin, R. E. (2019). Educational Psychology: Theory and Practice(12th ed.). Boston: Pearson.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Setivany, A., Setiyawan, Kusuma Prastiwi, B., & ardyasmoko, G. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN TARL PADA SISWA KELAS XI ATR A SMK NEGERI 1 BAWEN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020346. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7250

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.