UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SENAM LANTAI GERAKAN KAYANG DENGAN PENDEKATAN TaRL PESERTA DIDIK KELAS XI TEK 2 SMK NEGERI 7 SEMARANG

Authors

  • Muhammad Iqbal Tawakal Iqbal Universitas PGRI Semarang
  • sri suneki Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Hadi Universitas PGRI Semarang
  • Bambang Ratno SMK NEGERI 7 SEMARANG

Keywords:

kayang, TaRL, Hasil Belajar, pendidikan jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai, khususnya gerakan kayang, melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas XI TEK 2 SMK Negeri 7 Semarang. Masalah yang ditemukan adalah rendahnya persentase ketuntasan belajar siswa pada materi kayang, yaitu hanya 28% yang tuntas pada tahap pra-siklus. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II mencapai 89%. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam melakukan gerakan kayang dengan benar dan efektif. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong siswa untuk belajar sesuai dengan tingkat kemampuan serta meningkatkan partisipasi aktif dan kerja sama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

References

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar.In

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: JurnaIlmuKeislaman,9(1),4960.https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Sepdanius, Endang, et al. (2019). Tes dan Pengukuran OLahraga. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue1).

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Sutopo, W. G., & Sukoco, P. (2020). Pengembangan Model Alat Bantu Guling Belakang Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. JSH: Journal of …, 1(2), 84–92. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/JSH/article/view/1233

Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak, 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf

Amri, Sofan & Ahmadi, Khoiru Lif. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung – Ciputat: Gaung Persada (GP).

Soedarsono, FX. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. DEPDIKNAS: DIRJEN DIKTI.

Yudhistira, Dadang. (2012). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Z. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yramawidya

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hadjarati, N., & Haryanto. (2020). Evaluasi Gerak Dasar Senam Lantai Kayang. Yogyakarta: UNY Press.

Sukintaka, A. (2001). Pengantar Teori dan Praktik Senam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suharno. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Iqbal, M. I. T., sri suneki, Khusnul Hadi, & Bambang Ratno. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SENAM LANTAI GERAKAN KAYANG DENGAN PENDEKATAN TaRL PESERTA DIDIK KELAS XI TEK 2 SMK NEGERI 7 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020256. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7263

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.