PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (Problem Based Learning) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI
Keywords:
model pembelajaran PBL, Bola Voli, Passing bawahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas X-7 di SMAN 4 Semarang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai teknik dasar passing bawah yang menghambat efektivitas pembelajaran permainan bola voli, khususnya dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus melibatkan evaluasi dengan menggunakan tes keterampilan dan observasi terhadap aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan passing bawah yang signifikan. Pada pra-siklus, hanya 25% siswa yang tuntas, namun pada siklus pertama meningkat menjadi 56%, dan pada siklus kedua mencapai 89%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan keterampilan passing bawah siswa. Selain itu, penggunaan model PBL juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta mendorong mereka untuk berfikir kritis dan menyelesaikan masalah secara mandiri. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar model PBL dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar olahraga.
References
Agus, M., & Bambang, A. J. (2021). Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Sma/Smk Untuk Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Aldi, M., Nugraha, U., & Muzaffar, A. (2024). Upaya Meningkatkan Proses Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Model Pembelajran Problem Based Learning pada Siswa SMK N 1 Sarolangun. Cerdas Sifa Pendidikan, 13(1), 68–83. https://doi.org/10.22437/csp.v13i1.27350
Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, Nur, D., Maulidya, J. N., & Ma’arif, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.297
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Petra Thenu, Hasbullah, B., & Mesak Hattu. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Shooting dalam Permainan Sepak Bola melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri Ambon. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 277–282. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.256
Selvi Meilasari, Damris M, & Upik Yelianti. (2020). KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821