291. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Problem Based Learning (PBL) Materi Statistika SMA

Authors

  • Novia indriyati
  • Heni Purwati
  • Prastomo Budiargo

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Statistika

Abstract

Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi statistika, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-8 SMA Negeri 5 Semarang Semester II tahun ajaran 2022/2023. Pertemuan yang sama dilakukan pada setiap siklus dari dua siklus penelitian tindakan kelas. Sebanyak 36 siswa dari kelas X-8 menjadi subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan perbandingan deskriptif antara Siklus I dan Siklus II dengan menggunakan persentase hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika dalam mata pelajaran matematika. Hasil pelaksanaan pra siklus siswa yang tuntas berjumalah 16 atau 48% dinyatakan tuntas. Setelah melakukan perbaikan pada siklus I terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas berjumlah 22 atau 71% . Setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas berjumlah 30 atau 88% dinyatakan tuntas dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai ketuntasan klasikal ≥ 85% dari seluruh siswa dengan KKTP ≥ 75.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

indriyati, N. ., Purwati, H. ., & Budiargo, P. . (2023). 291. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Problem Based Learning (PBL) Materi Statistika SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2596–2605. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3994

Issue

Section

Prosiding 2023