Meningkatkan Kemampuan Guling Depan Senam Lantai Menggunakan Pendekatan TaRL pada Siswa Kelas X TE 4 SMK Negeri 7 Semarang, Kota Semarang

Authors

  • Roedhit Inggil Mahetsa Universitas PGRI Semarang
  • Intan Indiati
  • Husnul Hadi
  • Bambang Ratno

Keywords:

Senam Guling Depan, TaRL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan senam guling depan siswa kelas X melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui tes praktik senam guling depan pada pre test dan post test. Hasil menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 84 pada pre test menjadi 88 pada post test. Pendekatan TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan, khususnya karena pendekatan ini memungkinkan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan jasmani.

 

References

Abdullah, W. M. (2020). Tingkat Kemampuan Tolak Peluru Gaya Menyamping Pada Peserta Didik Kelas Xii Di Sma Negeri 3 Klaten Tahun 2020. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan, 4, 110– 116.

Pratham Education Foundation. (2020). Teaching at the Right Level (TaRL) Approach. www.teachingattherightlevel.org

Pratiwi, I. R., & Pd, S. (2022). Implementasi Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Academia.Edu.

Sari, Y., Pujianto, D., & Insanistyo, B. (2018). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Roll Belakang Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 75–80. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9190

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Titting, Fellyson, Hidayah, Taufik, Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 120–126. https://doi.org/10.15640/jpesm

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Mahetsa, R. I., Indiati, I., Hadi, H., & Ratno, B. (2024). Meningkatkan Kemampuan Guling Depan Senam Lantai Menggunakan Pendekatan TaRL pada Siswa Kelas X TE 4 SMK Negeri 7 Semarang, Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020324. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7291

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.