Upaya Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas X Dpib Melalui Metode Learning Together Di SMK Negeri 5 Semarang
Keywords:
Passing Bawah, Bola Voli, Metode Learning TogetherAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran passing bawah bola voli menjadi lebih baik dengan metode Learning Together. Adapun Variabel masalah dalam penelitian ini adalah passing bawah bola voli, dan variabel tindakan adalah metode pembelajaran learning together. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 31 siswa dari Kelas X DPIB 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Semarang, di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dengan alat pengumpul data lembar observasi dan instrumen proses. Diperoleh bahwa peningkatan pembelajaran terjadi di pra siklus hanya 38,71% atau 12 siswa yang tuntas dengan rata-rata 63,06, pada siklus I sebesar 58,06% atau 18 siswa dengan rata-rata 70,70 dan di siklus II meningkat menjadi 93,55% atau 29 siswa dengan rata-rata 78,54.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian. Bandung: PT Rineka Cipta.
Aqib, Z. (2008). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Yramawidya.
Bonnie, J. F., & Barbara, L. V. (2004). Bola voli tingkat pemula. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdikbud. (2013). Pedoman pelaksanaan belajar mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Huda, M. (2011). Cooperative learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Kristiyanto, A. (2011). Penelitian tindakan kelas. Surakarta: UNS Press.
Nawawi, H. (2001). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Yusmar. (2019). Upaya peningkatan teknik permainan bola voli melalui modifikasi permainan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.