14. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VA SDN Wonolopo 01 Kota Semarang

Authors

  • Dita Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Ristanti Universitas PGRI Semarang
  • Mustini SDN Wonolopo 01 Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VA SD N Wonolopo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Pada prasiklus terdapat 1 siswa (3%) mencapai KKM, rata-rata nilai 51. Siklus I sebanyak 4 siswa (13%) mencapai KKM, rata-rata nilai 70. Siklus II 16 siswa (52%) mencapai KKM, rata-rata nilai 84. Siklus III 19 siswa (61%) dapat mencapai KKM, rata-rata nilai 85.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Lestari, D., Nugroho, A. A., Ristanti, & Mustini. (2023). 14. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VA SDN Wonolopo 01 Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 112–118. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3921

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.