14. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VA SDN Wonolopo 01 Kota Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VA SD N Wonolopo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Pada prasiklus terdapat 1 siswa (3%) mencapai KKM, rata-rata nilai 51. Siklus I sebanyak 4 siswa (13%) mencapai KKM, rata-rata nilai 70. Siklus II 16 siswa (52%) mencapai KKM, rata-rata nilai 84. Siklus III 19 siswa (61%) dapat mencapai KKM, rata-rata nilai 85.