255. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Pop-Up pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN Sawah Besar 01
Keywords:
Problem Based Learning, Pop-Up, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up. Penelitian kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sawah Besar 01 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa dan variabel bebasnya adalah model Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up pada Siklus I memperoleh nilai 68 dan ketuntasan siswa mencapai 60%. Peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis pada siklus II sebesar 79 dan persentase ketuntasan siswa sebesar 79%. Jadi, penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media Pop-Up dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sawah Besar 01.