99. The Use of Mind Mapping to Improve Students’ Skills in Writing Analytical Exposition Text

Authors

  • Nilam Wahyu Savira
  • Arso Setyaji
  • Mulyani

Keywords:

Menulis, Teks Analitikal Eksposisi, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA N 6  Semarang tahun ajaran 2022/2023 dalam menulis teks eksposisi analitis melalui teknik mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Terdapat dua siklus pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam penelitian ini. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dengan menghitung nilai tes per siklus, rata-rata hasil belajar siswa per siklus, dan persentase ketuntasan belajar dengan ketuntasan standar individu dengan skor 70. Dari hasil tes pada penelitian ini, hasil tersebut meningkat pada siklus I dan II.  Pada siklus I nilai rata-rata 69,0 meningkat menjadi 80,14 pada siklus II, yang artinya meningkat 11,14% poin. Ini berarti bahwa pengajaran menulis melalui mind mapping meningkatkan keterampilan menulis siswa. Peningkatan juga terjadi pada hasil masing-masing sub indikator tes tulis antara siklus 1 dan 2.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Savira, N. W. ., Setyaji, A. ., & Mulyani. (2023). 99. The Use of Mind Mapping to Improve Students’ Skills in Writing Analytical Exposition Text. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 908–915. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4037

Issue

Section

Prosiding 2023