101. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Hortatory
Keywords:
Media gambar, Keterampilan menulis, Teks HortatoryAbstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada permasalahan yang dialami oleh peneliti sebagai guru praktikan Bahasa Inggris di SMAN 2 Semarang. Berdasarkan hasil asesmen diagnostik terhadap peserta didik kelas XI MIPA 2 di SMA N 2 Semarang, menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks Hortatory siswa kelas XI MIPA 2 masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan media gambar. Media gambar dipilih karena dirasa tepat untuk siswa kelas XI MIPA 2 yang mayoritas memiliki gaya belajar visual. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks Hortatory siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Semarang?”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Dalam penelitian ini, peneliti dan kolaborator bekerja sama dalam menyusun rencana pelajaran, mengimplementasikan tindakan, mengamati tindakan, dan melakukan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 pada SMAN 2 Semarang yang berjumlah 35 siswa pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks Hortatory. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus 1 dan siklus 2. Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 74,1 dan pada siklus 2 menjadi 79,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks Hortatory.