193. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model PBL Berbantu Media Kartu Kalimat di Kelas II

Authors

  • Candra Kesuma Dewi
  • Fine Reffiane
  • Ganis Suprihatini

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Media kartu kalimat

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II SDN Gajahmungkur 04 Semarang hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang melibatkan peserta didik secara aktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar dapat meningkat melalui penerapan model Problem Based Learning berbantu media kartu kalimat pada peserta didik kelas II SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diperlukan media dan metode pembelajaran yang sesuai, salah satu alternatif yang dapat digunakan  melalui penerapan model Problem Based Learning berbantu media kartu kalimat. Bentuk penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas melalui dua siklus.  Yakni siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media kartu kalimat menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang segnifikan.pada tahap pra siklys, diketahu bahwa nilai rata-rata 73 dengan persentase Kriteria Ketuntasanb Minimun masih 43,75%. Kemudian pada siklus I diketahui nilai rata-rata 78 dengan persentase yang meningkat menjadi 62,5%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 87 dan persentase 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media kartu kalimat  dapat meingkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penulisan huruf kapital

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Dewi, C. K. ., Reffiane, F. ., & Suprihatini, G. . (2023). 193. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model PBL Berbantu Media Kartu Kalimat di Kelas II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1726–1735. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4112

Issue

Section

Prosiding 2023