50. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Flipbook Kelas IV SD 1 Payaman Kudus

Authors

  • Fiky Herdianto
  • Muhammad Prayito
  • Vina Amanati Yuliana

Keywords:

Problem Based Learning, Heyzine Flipbook, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Heyzine Flipbook pada peserta didik kelas IV muatan IPAS di SD 1 Payaman. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 1 Payaman dengan jumlah peserta didik yaitu 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 71, sedangkan siklus I memperoleh hasil sebesar 79 dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 85. Hasil ketuntasan klasikal pada siklus I dengan perolehan persentase 58,82% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan sebesar 76,47%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Heyzine Flipbook pada muatan pembelajaran IPAS kelas IV di SD 1 Payaman meningkatkan hasil belajar kognitif.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Herdianto, F. ., Prayito, M. ., & Yuliana, V. A. . (2023). 50. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Flipbook Kelas IV SD 1 Payaman Kudus . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 448–454. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3946

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)