PENINGKATAN HASIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA RODA PUTAR PADA SISWA KELAS II SD

Authors

  • Andi Muhammad Amin Universitas PGRI Semarang
  • Agnita Siska Universitas PGRI Semarang
  • Trinil Wigati SD Negeri Panggung Lor
  • Rimba Kusumawardani SDN Panggung Lor

Keywords:

Problem Based Learning, Alat Peraga, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu bahwa siswa kelas II SDN Panggung Lor memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang rendah dalam pembelajaran materi pengurangan dan penjumlahan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas II SDN Panggung Lor dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media alat peraga roda putar pada materi pengurangan dan penjumlahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Panggung Lor Tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 26 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Data yang diperoleh berupa nilai tes matematika pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil pemecahan masalah matematika. Rata-rata peningkatan pemecahan masalah siswa dapat dilihat dari nilainya yang mencapai KKM sebelum tindakan pada prasiklus  59,08%, siklus I 72,31%, dan siklus II 92,38%. Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem based learning berbantuan alat peraga roda putar dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa.

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Damayanti,A, Tarmedi,E, J. (2018). Implementing Cooperative Script Type Of Cooperative Learning Model To Improve Students’ Activeness In Learning Social Studies. International Journal Pedagogy Of Social Studies, 3(1), 129–136.

Dhlamini, J. J. (2016). Enhancing learners ’ problem solving performance in mathematics : A cognitive load perspective. European Journal of STEM Education, 1(1), 27–36.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Hadi, S, Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, Tasikmalaya: 19 Januari 2019. Hal. 565.

Ibrahim. (2011). Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir sebagai upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, komunikasi matematika, dan keterampilan sosial siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111-112.

Indarwati, D, Wahyudi dan Ratu, N. (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan. Vol. 30, No.1.

Mahera.A., Titi.S.,& Armis. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTS Darell Hikmah Pekanbaru. JOM FKIP. 5(1). http://jom.unri.ac.id/index.php/JO MFKIP/article/view/20131

Maimunah., Syarifah. N., & Badrulaini. (2019). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Matriks.Edu Math Journal Pendidikan Matematika FKIP Jombang.Vol 8, No 1.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem based learning dalam pembelajaran matematika: upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. PYTHAGORAS. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2).

Nasution, M. D., Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V T. P. Journal Mathematich Education Sigma (JMES), 46–55.

Novianti E, Yuanitu, P, & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan KemampuanPemecahanMasalahMatematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR). Vol: 1, No: 1.

Novitasari, W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mts Al-Azhar Bl’ibadillah. Jurnal Eksakta, 2(1), 1–9.

Pauweni, K, Efendi,M,B dan Iskandar. (2020) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecaha. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi. Vol. 8, No. 1, Hal. 23-28.

Polya. G. (1973) How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). New Jersey: Princeton University Press.

R.A. Sani dan S. Sudiran (2017), Penilitian Tindakan Kelas, Tanggerang: Tira Smart.

Rahmawati, Mulbasari, A,S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning. Jurnal Inovasi Matematika. 2 (1), 52-64.

Rahmi, N,Arnawa, I,M, Y. (2019). Preparation Development Of Learning Device Problem Based Learning Model With Scientific Approach To Improve Mathematical Problem Solving Ability. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(2277–8616), 522–529.

Rasiman dan Asmarani, F. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol.1 No 2.

Retnowati, P. dan Ekayanti, A. (2020). Think Talk Write sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. SIGMA (Kajian Ilmu Pendidikan Matematika), 6(1), 17-25.

Roebiyanto, Goenawan dan Sri Harmini. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Amin, A. M. ., Siska, A. ., Wigati, T. ., & Kusumawardani, R. . (2023). PENINGKATAN HASIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA RODA PUTAR PADA SISWA KELAS II SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3070–3079. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5470

Issue

Section

Prosiding 2023