Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bola Voli Servis Atas Dengan Pendekatan Tarl Peserta Didk Kelas XI-8 SMA Negeri 10 Semarang
Keywords:
bola voli, servis atas, TaRL, hasil belajar, pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bola voli, khususnya gerakan servis atas, melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas XI-8 SMA negeri 10 semarang. Masalah yang ditemukan adalah rendahnya persentase ketuntasan belajar siswa pada materi servis atas, yaitu hanya 28% yang tuntas pada tahap pra-siklus. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II mencapai 86%. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam melakukan gerakan servis atas dengan benar dan efektif. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong siswa untuk belajar sesuai dengan tingkat kemampuan serta meningkatkan partisipasi aktif dan kerja sama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
References
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Bola voli. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646
Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar.In
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: JurnaIlmuKeislaman,9(1),4960.https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.
Sepdanius, Endang, et al. (2019). Tes dan Pengukuran OLahraga. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue1).
Wicaksono, L. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak, 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf
Amri, Sofan & Ahmadi, Khoiru Lif. 2018. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Iskandar (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung – Ciputat: Gaung Persada (GP).
Soedarsono, FX. 2019. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. DEPDIKNAS: DIRJEN DIKTI.
Yudhistira, Dadang. (2022). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian. Bandung: PT. Rineka Cipta.
Aqib, Z. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yramawidya.
Agus Mahendra (2019). Menuju Perkembangan Menyeluruh Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani Disekolah Menengah Umum. Jakarta, Depdiknas.
Arma Abdulah, (1), Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Depertemen Pendidikan dan kebudayaan.
Djamarah dan Zain. 2022. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Dieter Beutelstahl 2019). Bola Voli, Pembinaan Teknik Taktik dan Kondisi. Jakarta. PT. Gramedia.
Hamalik, Oemar. (2019). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Husdarta dan Yudha M.Saputra. 2020, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Depdiknas
Kartono Kartini. 2018. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung. Penerbit CV. Mandar Maju.
M. Yunus. 2019. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta : Dekdikbud Dirjen Dikti.