Implementasi Model Variasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Passing Atas Permainan Bola Voli Mata Pelajaran Pjok Kelas X Tjkt 2 SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

  • Rifqi Aliansyah Universitas PGRI Semarang
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang
  • Erria Soedjadianto
  • Siti Musarokah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

variasi pembelajaran, hasil belajar, passing atas, bola voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TJKT 2 SMK Negeri 5 Semarang pada materi passing atas dalam permainan bola voli melalui penerapan model variasi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas X TJKT 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja dengan rubrik penilaian keterampilan passing atas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar mencapai 59% dengan rata-rata nilai 73,71. Setelah perbaikan pada siklus II, ketuntasan belajar meningkat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 81,25. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan variasi pembelajaran efektif dalam meningkatkan keterampilan passing atas bola voli. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan variasi pembelajaran sebagai strategi untuk mengatasi kejenuhan dan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK.

References

Agung Nugroho, & Fajar Mugo Raharjo. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Chest Pass Dalam Bermain Bola Basket Dengan Penerapan Variasi Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Siswa Kelas Viii Smp Santa Maria Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(1), 24–29. https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i1.163

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Beutelstahl, D. (2015). Belajar Bermain Bola Voli. Bandung: Pionir Jaya.

Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Jurnal Kehumasan, 3(1), 43–50.

Husdarta, JS. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Lubis, A. E., & Agus, M. (2020). Peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(2), 58–64. https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21028

Munawar, A. Al, Aditya, R., & Qodri, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 04 Medan. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 6(2), 40–44.

Nugraha, U., & Yuliawan, E. (2021). Meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli melalui pendekatan gaya mengajar latihan dengan menggunakan audio visual. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 231–242. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15871

Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2019). Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran. Js (Jurnal Sekolah), 4(1), 1. https://doi.org/10.24114/js.v4i1.16065

Sinurat, S. Y., & Bangun, S. Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli, Siswa SMK Melalui Variasi Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 9(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9072

Sulistiadinata, H. (2020). Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran menggunakan alat bantu. Jpoe, 2(2), 207–220. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.60

Syamsudin, A. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882

Yusmar. (2019). Upaya peningkatan teknik permainan bola voli melalui modifikasi permainan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Aliansyah, R., Hudah, M., Soedjadianto, E., & Musarokah, S. (2025). Implementasi Model Variasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Passing Atas Permainan Bola Voli Mata Pelajaran Pjok Kelas X Tjkt 2 SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010162. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6979

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.