Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang Kelas X TE 5 SMK Negeri 7 Semarang Melalui Latihan Berpasangan

Authors

  • Putri Anggun Anggun
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Husnul Hadi Universitas PGRI Semarang
  • Bambang Ratno

Keywords:

senam lantai, guling belakang, latihan berpasangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan psikomotor peserta didik dalam melakukan gerakan guling belakang pada materi senam lantai melalui metode latihan berpasangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TE 5 SMK Negeri 7 Semarang yang berjumlah 36 siswa, yaitu 16 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Sumber data untuk hasil belajar adalah evaluasi yang dilakukan pada akhir setiap siklus pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes praktik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui metode latihan berpasangan, dari ketuntasan awal dalam pra-siklus 50%, meningkat menjadi 78% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 92% pada siklus II. Metode latihan berpasangan terbukti efektif dan berhasil meningkatkan keterampilan guling belakang siswa kelas X TE 5 SMK N 7 Semarang.

References

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action. Prentice Hall.

Jenny, F., & Wiarto, S. (2015). Dasar-dasar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning Together and Alone. Allyn & Bacon.

Mosston, M., & Ashworth, S. (2002). Teaching Physical Education. Pearson.

Rahayu, S., & Ega, N. (2013). Pendidikan Jasmani untuk Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, D. P., Pratama, A., & Yulianti, R. (2018). Senam Lantai: Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Olahraga.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi penelitian : Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Pustaka Baru.

Susanto, H. (2021). Psikologi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Utomo, A. (2024). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas dalam PJOK. Jakarta: Lintas Ilmu Press.

Verren, C., & Wijono. (2021). Survei Tingkat Motivasi Berprestasi Atlet Puslatda Jawa Timur Cabang Olahraga Bolavoli Pantai. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(10), 124–128.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. Harvard University Press.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Anggun, P., Sri Suneki, Husnul Hadi, & Bambang Ratno. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang Kelas X TE 5 SMK Negeri 7 Semarang Melalui Latihan Berpasangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020257. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7051

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.