279. Meningkatkan Hasil Belajar Fungsi Kuadrat Melalui Model Problem Based Learning dengan Kartu Berpasangan

Authors

  • Dzikru Rohman
  • Heni Purwati
  • Adi Wibawa

Keywords:

hasil belajar, problem based learning, kartu berpasangan

Abstract

Fungsi kuadrat adalah materi matematika yang memerlukan ketelitian dalam menghitung dan menyajikannya dalam bentuk gambar grafik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada fungsi kuadrat melalui model problem based learning dengan kartu berpasangan kelas X-1 pada semester 2 pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, bulan April sampai dengan Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 36 siswa meliputi 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, dokumen dan hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar dari kondisi awal 62,14 menjadi 94,71 pada siklus II (kondisi Akhir). Jumlah siswa yang mencapai batas kriteria ketuntasan minimal pun meningkat dari 14 siswa pada kondisi awal menjadi 31 siswa pada kondisi akhir. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model problem based learning dengan kartu berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar fungsi kuadrat bagi siswa kelas X-1 SMA N 5 Semarang tahun ajaran 2022/2023.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rohman, D. ., Purwati, H. ., & Wibawa, A. . (2023). 279. Meningkatkan Hasil Belajar Fungsi Kuadrat Melalui Model Problem Based Learning dengan Kartu Berpasangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 569–578. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3958

Issue

Section

Prosiding 2023