UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA N 11 SEMARANG

Authors

  • Anggoro Sulistiono Universitas PGRI Semarang
  • David Firna Setiawan
  • Mujo
  • Galih Dwi Pradipta

Keywords:

lari estafet, pendekatan permainan, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi lari estafet di kelas XI-1 SMA Negeri 11 Semarang. Permasalahan ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan minimnya minat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan permainan dan penggunaan media pembelajaran. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa. Instrumen penilaian mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 71,85 pada siklus I menjadi 82,96 pada siklus II. Ketuntasan belajar meningkat dari 25% menjadi 94%. Kesimpulannya, pendekatan permainan dan media pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi lari estafet.

References

Agustina, Nani. 2017. “Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta.” Jurnal Khatulistiwa Informatika 19(1):61–68.

Ali, Mohammed Feroz, Sakul Kundra, Mohammad Afsar Alam, and Mumtaz Alam. 2021. “Investigating Stress, Anxiety, Social Support and Sex Satisfaction on Physical Education and Sports Teachers during the COVID-19 Pandemic.” Heliyon 7(8).

Amiruddin, Mochammad Ilmawan, Andhega Wijaya, and Agus Suparno. 2024. “Penerapan Permainan Bola Beracun Pada Awal Pembelajaran PJOK Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX Di SMPN 13 Surabaya.” Journal of Creative Student Research 2(5):125–34.

Arikunto, Suharsimi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Darsana, I. Made Agus, I. Made Satyawan, Ni Luh Putu Spyanawati, I. Ketut Budaya Astra, and Kadek Yogi Parta Lesmana. 2021. “Video Tutorial Model Permainan Dalam PJOK Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku.” Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 9(3):182–90.

Faradila, Esla Zahra, Hanipa Ihsani, Rohaeti Nining Sopiah, Shofiyyah Muna Syahidah, Zahra Khairul Dealova, and Agus Mulyana. 2024. “Efektivitas Penerapan Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran PJOK.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5(3):3119–28.

Imawati, Veni, and Achmad Maulana. 2021. “Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK.” Patria Educational Journal (PEJ) 1(1):87–93.

Indriani, Lilis. 2022. “Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia 1(1):15–22.

Junianto, Tri, Abdul Rachman Syam Tuasikal, and Gigih Siantoro. 2023. “Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd.” Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training) 7(1):40–45.

Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, and Iis Susilawati. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” Edisi 3(2):312–25.

Nurhidayat, Nurhidayat, Chandra Triadi, and Fathurrahman Fathurrahman. 2020. “Tingkat Prestasi Akademik Ditinjau Dari Kebugaran Jasmani (Vo2 Max) Mahasiswa.” Jurnal Porkes 3(1):26–30.

Putrianingsih, Sri, Ali Muchasan, and Muhammad Syarif. 2021. “Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran.” INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan 7(1):138–63.

Suwartiningsih, Suwartiningsih. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1(2):80–94.

Tapo, Yohanes Bayo Ola, Robertus Lili Bile, and Angela Nensiana Nenot. 2021. “Pengembangan Model Latihan Spat-Desain Materi Bola Voli Dalam Pembelajaran PJOK Pada Jenjang SMP.” Jurnal Penjakora 8(1):16–25.

Tapo, Yohanes Bayo Ola, Yanuarius Richardus Natal, Robertus Lili Bile, Bernabas Wani, Anastasia Nona, and Maria Yuwinda Kolong. 2024. “Pendampingan Pembelajaran PJOK Interaktif Melalui Permainan Tradisional Engklek Di SMP Citra Bakti.” Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata 2(1):1–9.

Zega, Refni Fajar Wati. 2023. “Manfaat Penggunaan Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):53–64.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sulistiono, A., David Firna Setiawan, Mujo, & Galih Dwi Pradipta. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA N 11 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020194. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7237

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.