Peningkatan Hasil Belajar Matematika menggunakan Pendekatan TaRL berbantuan Media Interaktif Wordwall pada Siswa Kelas 2B SDN Sarirejo
Keywords:
Hasil belajar, Matematika, Teaching at the Right Level (TaRL), WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Sarirejo melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang didukung oleh media interaktif Wordwall. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik, terutama pada materi pengukuran, akibat penerapan metode pembelajaran klasikal yang tidak mempertimbangkan perbedaan tingkat kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 27 siswa kelas 2B. Pada tahap pra-siklus, diperoleh rata-rata nilai 60,74 dengan ketuntasan belajar 44%. Setelah diterapkan pendekatan TaRL dan penggunaan Wordwall secara bertahap, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 73,33 dengan ketuntasan 63%. Pada siklus II, rata-rata nilai mencapai 89,62 dan ketuntasan belajar meningkat menjadi 93%. Data ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL yang dipadukan dengan media interaktif Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Temuan ini merekomendasikan pentingnya penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa serta penggunaan media digital interaktif yang menarik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar
References
Aditya, Y. F., Widyaningrum, H. K., & Suryani, L. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPAS MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI PENDEKATAN TARL DAN MODEL PBL KELAS IV SDN PATIHAN. 10.
Afrida, E. A. (t.t.). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORD WALL BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 12 PEKANBARU.
Amaliyah, F. (2024). LITERATURE REVIEW: APLIKASI WORDWALL BERBASIS GAMIFIKASI SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. 8(2).
Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). From Proof of Concept to Scalable Policies: Challenges and Solutions, with an Application. Journal of Economic Perspectives, 31(4), 73–102. https://doi.org/10.1257/jep.31.4.73
Erna Listyaningsih, N. N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8139269
Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95
Khasanah, T., & Prayito, M. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA. 10.
Nopiyanti, R., & Dewi, M. (2024). WORDWALL INTERACTIVE LEARNING MODEL FOR MATHEMATICS SUBJECT IN ELEMENTARY SCHOOL.
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson.
Wardhani, A. K., Sari, D. A., Suryandari, K. C., & Firdaus, R. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 5. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(4), 157. https://doi.org/10.20961/shes.v7i4.97070