Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Melalui Permainan Tic Tac Toe Pada Kelas X-9 Sma N 10 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Mualimin universitas PGRI Semarang
  • Asih Jayanti SMA Negeri 10 Semarang
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang
  • Muh. Isna Nurdin Wibisana Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Lari Jarak Pendek, PJOK, Permainan, Tic Tac Toe, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi lari jarak pendek melalui penerapan permainan Tic Tac Toe pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 10 Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan lari, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan Tic Tac Toe dapat meningkatkan keterampilan lari jarak pendek siswa. Pada pra-siklus, ketuntasan belajar hanya 31%, meningkat menjadi 44% pada siklus I, dan mencapai 78% pada siklus II. Dengan demikian, permainan Tic Tac Toe efektif dalam meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek siswa.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Champaign: Human Kinetics.

Dyson, B. (2013). The implementation of cooperative learning in an elementary physical education program. Journal of Teaching in Physical Education, 22(1), 69–85.

Hidayat, R., & Wahyuni, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani, 8(2), 123-132.

Hurlock, E. B. (2012). Child Development (6th ed.). Jakarta: Erlangga.

Mitchell, S. A., Oslin, J. L., & Griffin, L. L. (2013). Teaching Sport Concepts and Skills:

Tactical Games Approach. Champaign: Human Kinetics.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siedentop, D. (2012). Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. New York:

McGraw-Hill.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, W. (2004). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: UPI Press.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Mualimin, Asih Jayanti, Prasetyowati, D., & Wibisana, M. I. N. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Melalui Permainan Tic Tac Toe Pada Kelas X-9 Sma N 10 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010189. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7290

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.