Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem-Based Learning Berbasis Kearifan Lokal dengan Bantuan LKPD pada Kelas XII SMK Negeri H. Moenadi
Keywords:
Bepikir Kritis, LKPD, Problem-Based LearningAbstract
Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang masih tergolong rendah disebabkan oleh kecenderungan mereka lebih fokus menghafal materi daripada memahami konsep pembelajaran melalui proses analisis dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem-Based Learning yang didukung oleh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran agribisnis tanaman. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII ATN 5 SMK Negeri H. Moenadi sebanyak 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data dikumpulkan melalui tes yang menggunakan LKPD, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus pertama adalah 54,86% dengan kategori rendah, kemudian meningkat pada siklus kedua menjadi 71,43% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model Problem-Based Learning dengan bantuan LKPD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII ATN 5 SMK Negeri H. Moenadi.
References
Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. JOTE : Journal On Teacher Education, 3(3), 65–81.
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Fakhrizal, T., & Hasanah, U. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas X Sma Negeri 1 Kluet Tengah. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 8(2), 200. https://doi.org/10.22373/biotik.v8i2.8222
Hartono, R. (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Progressive of Cognitive and Ability, 1(2), 188–197. https://doi.org/10.56855/jpr.v1i2.71
Hasanah, Z., Tenri Pada*, A. U., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134
Ismiati, I. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 222. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.218
Khumairok, W., Wulandari, A. Y. R., Qomaria, N., & Muharrami, L. K. (2021). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi Menggunakan Soal Berbantuan Prompting Question. Natural Science Education Research, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8353
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307–313. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/644
Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.395
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047
Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Anisa, L. N., Widodo, D. K., Kusumaningtyas, R. C., Septiani, F. D., Putri, O.D., Wijaya, A.T. & Savitri, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dalam Mengembangkan Berpikir Kritis, Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 56-63.
Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Anisa, L. N., Widodo, D. K., Kusumaningtyas, R. C., Septiani, F. D., ... & Savitri, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dalam Mengembangkan Berpikir Kritis, Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 56-63
Minarti, I.B., Nurwahyunani, A., & Purichasari, D. (2022). Assessment literacy profile of science teachers in SMAN 1 Gubug. International Journal of Research in Education. https://doi.org/10.26877/ijre.v3i1.13558
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Limu.
Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sd No 5 Jineng Dalem. Pedagogia, 16(1), 10. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718
Prandifa, R., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 407–417.
Rachmawati, R. C., & Mukaromah, S. (2023, July). 166. Peningkatan Respon Siswa dan Pemahaman Konsep Materi Sistem Reproduksi melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 1504-1516).
Rachmawati, R. C., & Nurwahyunani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran keanekaragaman hewan berbasis game-offline pada mahasiswa calon guru pendidikan biologi Universitas PGRI Semarang. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 9-17.
Saputra, S. A., & Kuntjoro, S. (2019). The Effectiveness Of Students Worksheet Based On Problem Based Learning In Environmental Changes Material To Promote Critical Thinking Skill. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 291–297.
Saregar, A., Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Septiana, S., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and heat learning through SSCS model with scaffolding: Impact on students’ critical thinking ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(3), 39–52. https://doi.org/10.17478/JEGYS.2018.80
Silaban, B., Batu, E. D. L., Surbakti, M., Silaban, W. M., & Pasaribu, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Problem-Based Learning di SMP Negeri 1 Borbor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3956–3962. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.961
Wibawanti, A., Murdiono, M., & Muryati, T. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model PBL dalam Muatan IPA pada Siswa Kelas V. Educatif Journal of Education Research, 5(1), 175–183. https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.162