Penerapan Model PjBL Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Media Pembelajaran Literasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bawen

Authors

  • Ratih Permata Minangsari Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rachmawati
  • Susilo Wardani

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Literasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas XI ATPH A SMK Negeri 1 Bawen. Permasalahan ini berkaitan erat dengan kurangnya kemampuan literasi peserta didik dalam memahami dan menggunakan informasi secara efektif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang memuat unsur kearifan lokal dan didukung oleh media pembelajaran berbasis literasi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari evaluasi hasil belajar menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar peserta didik, yaitu dari 41% pada pra siklus, menjadi 47% pada siklus pertama, dan meningkat secara signifikan menjadi 88% pada siklus kedua. Peningkatan ini didorong oleh penggunaan strategi pembelajaran aktif seperti penyusunan resume, pencarian informasi, penguatan materi melalui ceramah, dan pelaksanaan permainan edukatif. Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran, seperti penggunaan komoditas pertanian yang akrab dengan kehidupan siswa, turut memperkuat pemahaman dan relevansi materi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kolaborasi antara model Project-Based Learning berbasis kearifan lokal dan penggunaan media pembelajaran berbasis literasi berupa LKPD berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

References

Ambyar, et al. (2023). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal on Education. 05 (02): 3950-3957. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1083

Azizah, L. N., & Wulandari, F. E. (2024). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Mojokerto. Intelektualitas. Jurnal Penelitian Lintas Keilmuan, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2551

Batubara, F. A., Rahayu, A. P., Sudarso, H., Nuswantoro, P., & Rahmiati, S. (2023). Eksplorasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 9408-9418. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/31261/21092/103093

Djajadi, M. (2021). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) [eBook]. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/340412200

Fadhila, A., & Rakhmawati, A. (2024). Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal dalam Keterampilan Menulis Siswa SMA. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 75–84. https://www.researchgate.net/publication/383151917_Model_Pembelajaran_Project-Based_Learning_PBL_Berbasis_Kearifan_Lokal_dalam_Keterampilan_Menulis_Siswa_SMA

Fisnani, Y., & Zulfahrin, L. M. (2022). Penerapan Metode Project-Based Learning pada Muatan Lokal Batik untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edukasi, 14(2), 45–52. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i2.26901

Habsy, B.A., et al. (2024). Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran Serta Tanggung Jawab dan Standar Kompetensi Guru. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 4 (6): 4158-4176. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i6.4156

Loka, D.N. dan Reina S.R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1 (1): 45-55. https://www.jurnal.staidaf.ac.id/almuhadzab/article/view/275/100

Malik, M. A., Ellianawati, & Isnaeni, W. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Membatik untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 74–85. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15050

Wahyuni. (2023). Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). http://repository.uin-suska.ac.id/71000/

Wahyuni, R., et al. (2021). Penerapan E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Natural Sciences, 2(2), 62–71. https://doi.org/10.34007/jonas.v2i2.99

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Ratih Permata Minangsari, Rivanna Citraning Rachmawati, & Susilo Wardani. (2024). Penerapan Model PjBL Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Media Pembelajaran Literasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bawen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020380. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7330

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.