Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Menggunakan Media Scrapbook Pada Materi Teks Tanggapan Kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025
Keywords:
keaktifan peserta didik, media scrapbook, teks tanggapanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran teks tanggapan melalui penggunaan media scrapbook di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII E. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media scrapbook dapat meningkatkan keaktifan peserta didik secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa media scrapbook meningkatkan keaktifan peserta didik. Nilai rata-rata peserta didik pada Siklus 1 meningkat dari 59,4 (pre-test) menjadi 66,2, dengan peningkatan persentase 11,46%. Nilai rata-rata peserta didik naik lagi menjadi 78,2 pada Siklus 2, dengan peningkatan persentase 18,15%. Berdasarkan kriteria keaktifan, siswa yang awalnya berada pada kategori Perlu Bimbingan mulai mengalami peningkatan hingga masuk kategori Cukup pada Siklus 2. Keseluruhan keaktifan peserta didik meningkat sebesar 21,85%, membuktikan bahwa media scrapbook efektif dalam membantu siswa memahami dan mengembangkan teks tanggapan secara lebih aktif dan kreatif.
References
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Finoza, L. (2009). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Emas.
Kemendikbud. (2018). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs Berbasis Teks. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Majid, A. (2014). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rohani, A. (2004). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosyada, D. (2008). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Saddhono, K., & Slamet, S. Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyatno. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Suyanto, M. (2006). Media Scrapbook: Media Pembelajaran Alternatif untuk Siswa Sekolah. Yogyakarta: Andi.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yunus, A. S. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom Diknas.
Canva. (2024). Desain Kreatif untuk Pendidikan. Diakses dari https://www.canva.com