Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Alih Wahana Cerpen Ke Dalam Bentuk Puisi Pada Siswa Kelas XI

Authors

  • Malihatuz Zuhriyah Istianti Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang
  • Setia Naka Andrian
  • Tutik Naviatun

Keywords:

menulis puisi, alih wahana, cerpen ke puisi, pembelajaran sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas XI-5 SMA Negeri 8 Semarang melalui strategi alih wahana dari cerpen ke puisi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi keaktifan siswa, refleksi peserta didik, dan catatan reflektif guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis puisi. Pada tahap pra siklus, tidak ada siswa yang mencapai skor ketuntasan. Setelah penerapan metode alih wahana dengan pendekatan Problem Based Learning dan Project Based Learning, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 42,86% pada siklus I dan mencapai 80% pada siklus II. Rata-rata skor kemampuan menulis puisi juga mengalami peningkatan bertahap. Penerapan metode alih wahana terbukti efektif meningkatkan partisipasi aktif, kreativitas, serta kualitas puisi yang dihasilkan siswa.

References

Arifin, M., & Indriyani, D. (2023). Pengaruh strategi alih wahana terhadap kemampuan menulis kreatif siswa SMA. Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(1), 45–56.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, N. (2022). Alih wahana sebagai pendekatan dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 122–135.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan pembelajaran Kurikulum Merdeka: Fase E dan F (SMA). Jakarta: Kemendikbudristek.

Kosasih, E. (2022). Strategi pembelajaran sastra berbasis pengalaman estetis. Bandung: Yrama Widya.

Rachmawati, D. (2021). Kendala siswa dalam menulis puisi dan alternatif solusinya di SMA. Jurnal Literasi Bahasa, 6(3), 78–90.

Santrock, J. W. (2022). Psikologi pendidikan (ed. 7, terj. Achmad Fawaid). Jakarta: Kencana.

Suherli, M. (2023). Penguatan literasi sastra dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wiyatmi. (2020). Alih wahana dalam pembelajaran sastra: Teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Malihatuz Zuhriyah Istianti, Ngatmini, Setia Naka Andrian, & Tutik Naviatun. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Alih Wahana Cerpen Ke Dalam Bentuk Puisi Pada Siswa Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010122. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7385

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.