Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran “Mathdadu Rasa Semarang” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Pada Materi Pengolahan Data
Keywords:
Problem Based Learning, MathDadu Rasa Semarang, Pengolahan Data, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi pengolahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan penggunaan media Math Dadu Rasa Semarang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas III D SD Supriyadi Semarang pada tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diberikan, tingkat ketuntasan belajar siswa baru mencapai 44,44 persen. Setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan dukungan media Math Dadu Rasa Semarang, terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan. Pada siklus pertama, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 66,67 persen, dan pada siklus kedua meningkat lebih lanjut menjadi 88,89 persen. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media MathDadu Rasa Semarang mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa, khususnya pada materi pengolahan data di kelas III D SD Supriyadi Semarang
References
Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2021). Model pembelajaran inovatif untuk pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Deepublish.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Ashabulabib, A. (2025). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui model pembelajaran discovery learning. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 7(1), 75–84.
Astutik, S., Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Fitriana, R., Amaliyah, A., & Unaenah, E. (2024). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD Negeri Bojong 3 Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 776–781.
Hendriani, M. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(2), 36–45.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? In Educational Psychology Review (Vol. 16, Nomor 3).
Nababan, E., Maria Marbun, Y., Sihombing, B., Matematika, P., & Keguruan Dan, F. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di Smp Negeri 2 Tapian Dolok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2754–2766. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8213
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Setyowati, L. (2023). Pengaruh Media Konkret dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika pada Siswa Kelas IV MIN 1 Gunungkidul. Indonesian Journal of Action Research, 2(2), 267–273. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.22-13
Silalahi, A. Y., Afrilianto, M., & Nurjaman, A. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Smk. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 841–850. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.14021
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Problem-based learning. Indonesian Journal of Science and Matematics Education, 47(3), 301–307. https://doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v47i3p301-307