Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran “Mathdadu Rasa Semarang” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Pada Materi Pengolahan Data

Authors

  • A'isyah Arroobi'atu Rizqiyah Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Naeli Ulfiyani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, MathDadu Rasa Semarang, Pengolahan Data, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi pengolahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan penggunaan media Math Dadu Rasa Semarang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas III D SD Supriyadi Semarang pada tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diberikan, tingkat ketuntasan belajar siswa baru mencapai 44,44 persen. Setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan dukungan media Math Dadu Rasa Semarang, terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan. Pada siklus pertama, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 66,67 persen, dan pada siklus kedua meningkat lebih lanjut menjadi 88,89 persen. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media MathDadu Rasa Semarang mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa, khususnya pada materi pengolahan data di kelas III D SD Supriyadi Semarang

Author Biographies

Aryo Andri Nugroho, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Ervina Eka Subekti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Naeli Ulfiyani, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

References

Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2021). Model pembelajaran inovatif untuk pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Deepublish.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Ashabulabib, A. (2025). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui model pembelajaran discovery learning. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 7(1), 75–84.

Astutik, S., Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Fitriana, R., Amaliyah, A., & Unaenah, E. (2024). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD Negeri Bojong 3 Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 776–781.

Hendriani, M. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(2), 36–45.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? In Educational Psychology Review (Vol. 16, Nomor 3).

Nababan, E., Maria Marbun, Y., Sihombing, B., Matematika, P., & Keguruan Dan, F. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di Smp Negeri 2 Tapian Dolok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2754–2766. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8213

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416

Setyowati, L. (2023). Pengaruh Media Konkret dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika pada Siswa Kelas IV MIN 1 Gunungkidul. Indonesian Journal of Action Research, 2(2), 267–273. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.22-13

Silalahi, A. Y., Afrilianto, M., & Nurjaman, A. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Smk. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 841–850. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.14021

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Problem-based learning. Indonesian Journal of Science and Matematics Education, 47(3), 301–307. https://doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v47i3p301-307

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Arroobi'atu Rizqiyah, A., Andri Nugroho, A., Eka Subekti, E., & Ulfiyani, N. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran “Mathdadu Rasa Semarang” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Pada Materi Pengolahan Data. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 25010101. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7389

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.