315. Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Tambirejo

Authors

  • Rodlatul Janah
  • Mei Fita Asri Untari
  • Fitrianingsih

Keywords:

Media Audiovisual, Power Point, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan Peserta didik kelas IV SD Negeri Tambirejo dalam menghadapi kesulitan untuk mengikuti dan memahami materi pembelajaran, serta mengalami kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi oleh guru. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang antusias untuk bertanya dan pasif dalam berdiskusi selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media audiovisual berbantuan power point. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif dengan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam hasil belajar kognitif peserta didik. Sebanyak 13 peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada tahap pra-siklus dengan persentase 46%. Pada siklus I, jumlah peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi 22 dengan persentase 76%. Pada siklus II, jumlah peserta didik yang mencapai KKM melebihi KKM menjadi 24 dengan persentase 83% dari total 29 peserta didik kelas IV.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual berbantuan power point mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri Tambirejo pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Peserta didik menjadi lebih tertarik dan berusaha untuk mencapai nilai yang terbaik dalam proses pembelajaran.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Janah, R. ., Untari, M. F. A. ., & Fitrianingsih. (2023). 315. Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Tambirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2815–2820. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4138

Issue

Section

Prosiding 2023