207. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Numbered Head Togather pada Tema 9 Kelas V SD 01 Dersalam Bae Kudus

Authors

  • Hilmy Rafi
  • Agnita Siska Pramasdyahsari
  • Bayu Iskandar

Keywords:

Hasil belajar, Tema 9, Numbered Head Toghather

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan model Numbered Head Togather Tema 9 Kelas V SD 01 Dersalam Bae Kudus, serta mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar Numbered Head Togather Tema 9 Kelas V SD 01 Dersalam Bae Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. PTK kolaboratif dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan empat tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus 1 rata rata nilai peserta didik memperoleh 70 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 75. Berdasarkan hasil pada siklus 1 ke siklus II terjadi peningkatan nilai sebesar 5%. Pada siklus 1 peserta didik yang mencapai KKM atau tuntas sebanyak 12 anak dengan nilai presentase ketuntasan mencapai 60% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 anak dengan presentase 40%. Pada siklus kedua peserta didik yang mencapai ketuntasan 16 anak dengan nilai presentase 77% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 6 anak dengan presentase 23%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II telah melebihi kriteria ketuntasan belajar

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rafi, H. ., Pramasdyahsari, A. S. ., & Iskandar, B. . (2023). 207. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Numbered Head Togather pada Tema 9 Kelas V SD 01 Dersalam Bae Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1857–1863. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4271

Issue

Section

Prosiding 2023