314. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dengan Model PBL Kelas 2 SD 1 Dersalam

Authors

  • Fitri Ratnasari
  • Agnita Siska Pramasdyahsari
  • Bayu Iskandar

Keywords:

Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas 2 SD menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis siswa yang diukur melalui 4 tahap pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap pra-siklus, sebanyak 62% siswa mencapai hasil yang cukup baik. Pada tahap siklus I, terjadi peningkatan menjadi 71% dengan hasil yang baik, dan pada tahap siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dengan 90% siswa mencapai hasil yang sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik di kelas 2 SD 1 Dersalam Kudus melalui penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ratnasari, F. ., Pramasdyahsari, A. S. ., & Iskandar, B. . (2023). 314. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dengan Model PBL Kelas 2 SD 1 Dersalam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2807–2814. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4133

Issue

Section

Prosiding 2023