314. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dengan Model PBL Kelas 2 SD 1 Dersalam
Keywords:
Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas 2 SD menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis siswa yang diukur melalui 4 tahap pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap pra-siklus, sebanyak 62% siswa mencapai hasil yang cukup baik. Pada tahap siklus I, terjadi peningkatan menjadi 71% dengan hasil yang baik, dan pada tahap siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dengan 90% siswa mencapai hasil yang sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik di kelas 2 SD 1 Dersalam Kudus melalui penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).