24. Peningkatan Hasil Belajar Model PBL Berbantuan Media Kantung Belajar Kelas 1 SDN 05 Margorejo

Authors

  • Rika Yaitul Islami Universitas PGRI Semarang
  • Husni Wakhyudin Universitas PGRI Semarang
  • Titing Asri Cahyani SDN 5 Margorejo

Keywords:

Hasil Belajar, Model PBL, Kantung Bilangan

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pada materi bilangan besar dengan model PBL di kelas 1 SDN 05 Margorejo. Pendekatan kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini subjeknya adalah guru dan peserta didik kelas 1. Pada proses pembelajaran, terlihat adanya peningkatan. Pada siklus II juga terlihat peningkatan pada aktivitas peserta didik dari pertemuan I siklus 1 yang pencapaiannya rata-rata adalah 78,57% mengalami peningkatan menjadi 92,85 % bisa dikategorikan sangat baik. Pada pertemuan 1 siklus I ini rata-rata hasil belajarnya yaitu 68% meningkat ke 94%, Pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media kantung bilangan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penyajian data di kelas 1 SD.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Islami, R. Y., Wakhyudin, H., & Cahyani, T. A. (2023). 24. Peningkatan Hasil Belajar Model PBL Berbantuan Media Kantung Belajar Kelas 1 SDN 05 Margorejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 199–206. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3937

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.