205. PBL Berbantu LKPD untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Kecepatan dan Debit Kelas V SDN Ngempon 02

Authors

  • Muhammad Soleh
  • Iin Purnamasari
  • Danik Sri Wahyuni

Keywords:

PBL, Hasil Belajar, LKPD

Abstract

Kurang aktifnya siswa pada kegiatan pembelajaran untuk mendukung hasil belajar seluruh  siswa, ada beberapa siswa yang tidak memahami dampak materi pembelajaran sehingga hasil belajar yang belum mencapai ketuntasan klasik. Tujuan penelitian ini merupakan penjabaran perkembangan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantu LKPD untuk  meningkatan  hasil belajar Matematika kecepatan debit kelas V SDN Ngempon 02. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa sebagai indikator keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran berbasis masalah yaitu kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini juga berbantu LKPD  dimana kegiatan siswa dapat membuat seluruhan siswa dilibatkan dalam penyampaian materi serta pemahaman siswa diamati. Penelitian dilaksanakan pada  kelas V SDN Ngempon 02, penelitian memiliki subjek 30 siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan rancangan pada penelitian ini, Kemmis dan McTaggart dilasanakan megguakan II siklus masing-masing memiliki tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan serta refleksi. Metode yang digunakan dalam  pengumpulan data diantaranya melalui tes serta dokumentasi, pengamatan, wawancara. Deskriptif kuantitatif merupakan jenis analisis data yang digunakan untuk penelitian ini. Pembelajaran yang dilaksanakan menghasilkan ketuntasan klasikal pada hasil belajar pengetahuan materi kecepatan dan debit mapel  Matematika sebesar 70, 00% siklus I dan 93,33% pada siklus II.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Soleh, M. ., Purnamasari, I. ., & Wahyuni, D. S. . (2023). 205. PBL Berbantu LKPD untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Kecepatan dan Debit Kelas V SDN Ngempon 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1835–1841. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4269

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)