57. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Negaraku Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV Di SDN 01 Samirejo Kudus

Authors

  • Noor Amalia Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Universitas PGRI Semarang
  • Maslam SDN 01 Samirejo Kudus

Keywords:

Hasil Belajar, Negaraku Indonesia, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mneingkatkan haisl belajar peserta didik melalui model PBL, hipotesis penelitian ini adalah penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn pesesrta didik kelas IV SDN 01 Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melalui 4 tahap yaitu perncanaan, pelaksanaan, observasi dan pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 22 peserta didik dan variabel terikatnya yaitu PBL. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan tes diperoleh dari tindakan analisis yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan hasil penelitian ini dari wawancara yang dilakukan kepada guru kelas yang rata-rata nilai ulangan harian kelas IV SDN 01 Samirejo 64,31% kurang baik dengan jumlah peserta didik 22, yang tuntas 10 peserta didik dengan pesentasi ketuntasan 45,45% dan 12 peserta didik tidak tuntas dengan presentase 54,54%. Pada siklus I rata-rata nilai peserta didik kelas IV meningkat menjadi 72,72% dengan jumlah peserta didik 22, yang tuntas 12 peserta didik dengan pesentasi ketuntasan 63,63% dan 8 peserta didik tidak tuntas dengan presentase 36,36%. Pada siklus 2 rata-rata nilai peserta didik kelas IV meningkat menjadi 82,50% dengan kategori baik dengan jumlah peserta didik 22, yang tuntas 19 peserta didik dengan pesentasi ketuntasan 86,36% dan 3 peserta didik tidak tuntas dengan presentase 13,63%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran yang inovatif salah satunya yaitu Problem Based Learning dapat meningktkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi negaraku Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Amalia, N., Eka, E., & Maslam. (2023). 57. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Negaraku Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV Di SDN 01 Samirejo Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 509–516. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3969

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.