17. Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Diorama

Authors

  • Prihmukti Setyo Dwi Hastuti Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Juita Ayu Nilamsari SD Negeri Glonggong

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, diorama, siswa

Abstract

Penelitian ini diltarbelakangi adanya kesulitan belajar pada pelajaran IPS yang membosankan sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui model Problem Based Learning Berbantu Media Diorama Di SD Negeri Glonggong dengan subjek penelitian 25 siswa. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan kelas kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 alur, meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada tema 9 melalui model Problem Based Learning berbantu media diorama. Pada siklus I memperoleh rata-rata kelas 68 dengan ketuntasan klasikal 60% kategori baik. Namun perlu perbaikan pada siklus II dengan rata-rata 77, memperoleh ketuntasan klasikal 80% kategori “sangat baik”. Berdasarkan dari hasil Penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Glonggong.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hastuti, P. S. D., Azizah, M., & Nilamsari, J. A. (2023). 17. Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Diorama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 137–143. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4390

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)