60. Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keragaman Agama Kelas II Berbantuan Media Wayang

Authors

  • Diyah Setyorini Universitas PGRI Semarang
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang
  • Supriyanto SD 4 Dersalam Kudus

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, PKN

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II di SD 4 Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus pada mata pelajaran PKn Tema 7 Subtema 2 materi Keragaman Agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi Keragaman Agama melalui model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media gambar berupa wayang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD 4 Dersalam dengan jumlah sebanyak 22 siswa. Menurut Sugiyono (2013) Teknik pengumpulan data adalah angkah paling strategis dalam penelitian, karena tujuan utama dari sebuah penelitian adalah untyuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pra siklus 60,90%. Kemudian siklus I meningkat dengan jumlah 74,72% meningkat lagi siklus II dengan rata-rata 90,90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning   dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Tema 7 Subtema 2 dengan materi Keragaman Agama.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Setyorini, D., Agustini, F., & Supriyanto. (2023). 60. Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keragaman Agama Kelas II Berbantuan Media Wayang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 539–548. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3973

Issue

Section

Prosiding 2023