Penerapan Model PBL Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III SDN 01 Tlogosari Kulon
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Media Gambar, Hasil BelajarAbstract
Penelitianoini mempunyai tujuannuntuk meningkatkan hasillbelajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media gambar. Jenis penelitian yanggdigunakan yaituuPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Adapun model PTK yang dipakai yaitu model Kemmis dan Mc Taggart, peneliti melakukan penelitian melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dengan langkah-langkahhsebagai berikut: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 peserta didik terdapat 14 wanita dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah langkah model pembelajaran ProblemmBased Learning berbantuan media gambarrdapat meningkatkan hasil belaja r siswa kelas III SDN 01 Tlogosari Kulon Peningkatan hasil belajar siswa bias dilihat dariipra siklus siswa yang tuntas berjumlah 16 dengan presentase 57%, siklus I yang tuntassberjumlah 19 dengan presentase 68% dannsiklus II mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu siswa yanggtuntas berjumlah 25 siswaadengan presentase 89%.
References
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47
Rahman, A. A. (2018). Penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi statistika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2).
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal pendidikan dasar, 6(1), 11-23.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41