Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian melalui Model PBL Berbantuan Media Konkret “PANPINPAN” Peserta Didik Kelas III C SD Islam Al Madina

Authors

  • Khoirotun Nashihah Universits PGRI Semarang
  • Sukamto Universits PGRI Semarang
  • Windyati Universits PGRI Semarang
  • Azri Setyo Rini Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Media Konkret, Matematika

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung perkalian melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret peserta didik kelas III C SD Islam Al Madina. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Pengumpulan data tes berupa soal evaluasi. Sedangkan pengumpulan data non tes berupa observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III C SD Islam Al Madina yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menyatakan bahwa peningkatan hasil belajar telihat dari pra siklus 32% peserta didik tuntas dan 68% peserta didik tidak tuntas dengan rata-rata nilai 50. Siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 64% dan 36% tidak tuntas dengan rata-rata nilai 69. Sedangkan, pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian ketuntasan sebesar  86% peserta didik tuntas dan 14% peserta didik tidak tuntas dengan rata rata nilai 84. Berdasarkan penelitian, penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media konkret terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung perkalian peserta didik kelas III C SD Islam Al Madina.

References

Afriyani, A., Nugroho, I., & Aufa, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Waktu Menggunakan Alat Peraga Waginem pada Peserta Didik Kelas II. Paedagogie, 18(1), 9-16.

Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asvifah, F. F., & Wahjudi, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Pada Materi Pelajaran Akuntansi Keuangan Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3).

Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 113-119.

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220-229.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024.

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-1166.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Yulfinia, E. N., & Utami, S. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SDN 1 Bendoroto Trenggalek. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6774-6786.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Khoirotun Nashihah, Sukamto, Windyati, & Azri Setyo Rini. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian melalui Model PBL Berbantuan Media Konkret “PANPINPAN” Peserta Didik Kelas III C SD Islam Al Madina. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1752–1761. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5314

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)