46. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Mata Pelajaran IPAS Berbantu Video Pembelajaran kelas 4 SDN 2 Purwosari
Keywords:
Hasil Belajar, model Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas 4 di SD N 2 Purwosari melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 5 siklus dengan pra siklus awal. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan dalam setiap siklusnya. Diawal pra siklus terdapat nilai rata-rata 61,33, pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 65,33 pada siklus ke 2 diperoleh nilai rata- rata 71,33 dan di siklus 3 terdapat nilai rata-rata 78,16. Pada siklus 4 memperoleh nilai rata- rata 82,5. Pada siklus 5 memperoleh nilai rata-rata 85,16. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD N 2 Purwosari.