46. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Mata Pelajaran IPAS Berbantu Video Pembelajaran kelas 4 SDN 2 Purwosari

Authors

  • Andika Putri Kumalasiwi
  • Mudzanatun
  • Hanifah
  • Ima Nisa Asriyanti

Keywords:

Hasil Belajar, model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas 4 di SD N 2 Purwosari melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 5 siklus dengan pra siklus awal. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan dalam setiap siklusnya. Diawal pra siklus terdapat nilai rata-rata 61,33, pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 65,33 pada siklus ke 2 diperoleh nilai rata- rata 71,33 dan di siklus 3 terdapat nilai rata-rata 78,16. Pada siklus 4 memperoleh nilai rata- rata 82,5. Pada siklus 5 memperoleh nilai rata-rata 85,16. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD N 2 Purwosari.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Kumalasiwi, A. P. ., Mudzanatun, Hanifah, & Asriyanti, I. N. . (2023). 46. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Mata Pelajaran IPAS Berbantu Video Pembelajaran kelas 4 SDN 2 Purwosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 412–420. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3941

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.