217. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Benda Konkrit Siswa Kelas I SDN 02 Purwosari

Authors

  • Diana Rachmawati Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun Universitas PGRI Semarang
  • Yunita Setyowati SDN 02 Purwosari

Keywords:

hasil belajar siswa, Media benda konkret, Materi waktu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas I SDN 02 Purwosari pada pokok bahasan waktu dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas I yang terdiri dari 36 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar materi waktu. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Pada tahap pra siklus diperoleh nilai rata-rata 61,25. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,63.  Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,36 dengan persentase ketuntasan 92,86%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mulai prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media benda kongkrit.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rachmawati, D., Mudzanatun, & Setyowati, Y. (2023). 217. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Benda Konkrit Siswa Kelas I SDN 02 Purwosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1941–1947. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4246

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)