217. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Benda Konkrit Siswa Kelas I SDN 02 Purwosari
Keywords:
hasil belajar siswa, Media benda konkret, Materi waktuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas I SDN 02 Purwosari pada pokok bahasan waktu dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas I yang terdiri dari 36 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar materi waktu. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Pada tahap pra siklus diperoleh nilai rata-rata 61,25. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,63. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,36 dengan persentase ketuntasan 92,86%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mulai prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media benda kongkrit.